Masuk Musim Hujan, Hutan di Kintamani Terbakar

  • 15 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3983 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com– Meski sudah memasuki awal musim hujan, peristiwa kebakaran kembali terjadi dan melalap kawasan hutan di Kintamani, Bangli. Kali ini, kobaran si jago merah menghanguskan hektaran lahan hutan yang berlokasi di Banjar Peketan, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Bangli. Bahkan, kebakaran yang terjadi pada hari Sabtu (14/11/2015) sore hari tersebut, nyaris merambah pemukiman warga. Sehingga untuk menjinakkan amukan api, dua unit Mobil Damkar Pemkab Bangli, langsung meluncur ke lokasi.

Menurut Kepala Desa Sukawana, I Ketut Nonog, saat dikonfirmasi Minggu (15/11/2015), awalnya kebakaran tersebut bermula adanya titik api sangat kecil. Namun, karena saat itu, cuaca lagi terik, lambat laun api kian membesar. “Karena api semakin membesar, warga kami sangat panik. Terlebih, kebakaran terjadi dekat dengan sejumlah rumah warga,” ungkapnya. Upaya warga melakukan pemadaman secara menual, disebutkan, justru terkendala medan untuk menjangkau titik api sangat terjal. Karena itu, warga pun melaporkan ke petugas Damkar Bangli sehingga api dengan cepat bisa dikendalikan.

Secara terpisah, Kasi Damkar Bangli Pemkab Bangli, Anak Agung Kusuma, membenarkan kasus kebakaran tersebut. Pihaknya yang menerima laporan dari masyarakat langsung meluncur ke lokasi dengan mengerahkan dua unit Damkar. Kata dia, upaya pemadaman api dilakukan dengan penyemprotan air dari atas, sehingga api dengan cepat bisa dipadamkan. “Luas hutan yang terbakar, sekitar 1 hektar,” sebutnya. Untuk itu, pihaknya tetap menghimbau masyarakat meskipun tengah memasuki musim hujan, agar tetap waspada dengan tidak melakukan aktivitas pembakaran sampah di areal hutan, termasuk membuang puntung rokok secara sembarangan. ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER