150 Pengelola Bumdes Dilatih

  • 03 November 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2150 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Sebanyak 150 orang dari 50 desa pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dilatih selama dua hari. Mereka diberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan BUMDes sejak Selasa, (3/11) di Aula Kantor Camat Kediri, Tabanan.

Kepala Badan Pemasyarakatan Desa (BPMD) I Gst. Ngurah Supanji selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan pelatihan tidak lain meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. “Dengan sasaran pengembangan usaha ekonomi produktif yang berbasis pada pertanian, penjaminan penyerapan hasil melalui standarisasi, pengembangan kapasitas usaha kelompok dan selanjutnya produk kelompok dibeli oleh BUMDes,” terangnya.

Penjabat Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wayan Yatnanadi mengatakan Bumdes yang dirintis di Tabanan adalah Bumdes yang bergerak disektor riil sesuai dengan potensi wilayah kecamatan masing-masing seperti pengolahan sampah, hasil ternak dan perikanan, hasil tanam pangan, holtikultural serta hasil perkebunan. “Dengan syarat melibatkan kelompok minimal 50% dari penduduk desa, Bumdes wajib membeli produk olahan yang diproduksi masyarakat dan Bumdes dapat meningkatkan pendapatan asli Desa dan PAD Kabupaten,” ungkapnya. ina

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER