Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bangkai Penyu Kampih di Pantai Batulumbang

  • 21 September 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2751 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Bangkai penyu dewasa diduga jenis penyu lekang (Lepidochelys olivacea) ditemukan kampih (terdampar) dan berbau busuk di pantai Batu Lumbang, Banjar Batu Lumbung  Kecamatan Selemadeg. Bangkai penyu yang beratnya sekitar 30 kg itu ditemukan nelayan setempat sekitar pukul 08.00 wita, Minggu (21/9).

Saat ditemukan bangkai penyu itu sudah membusuk dan mengeluarkan bau yang menyengat. Oleh nelayan, bagian  cangkang penyu tersebut dilepaskan untuk kenang-kenangan. “Saya baru pertama kali melihat penyu mati di sini. Lalu cangkangnya saya ambil untuk koleksi,” ucap warga disana.

Dilain pihak Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Tabanan Made Subagia setelah mendengar kabar bangkai penyu kampih pihaknya langsung memerintahkan stafnya mengecek ke lapangan. “Berdasarkan laporan staf, penyu itu diduga sudah mati sebelum terdampar ke pantai,” ucapnya. Terkait jenis penyu tersebut, kata dia karena kondisinya sudah rusak dan cangkangnya tidak ada lagi agak sulit memastikan jenis penyu tersebut. “Namun dari cirri-ciri fisik yang tersisa, kita duga penyu itu adalah jenis penyu lekang,” ucap Subagia. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER