Setelah Dua Bulan Berbaur, TMMD Ke-95 Ditutup

  • 28 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1989 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com  - Setelah sebulan lebih TNI berbaur dengan rakyat di Desa Bantas, Selemadeg Timr dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-95 kini TNI harus kembali ke baraknya. Penututupan TMMD ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hasil Kegiatan Fisik TMMD Ke-95 di Lapangan Umum Desa Bantas Rabu (28/10).

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar mengatakan berbagai kegiatan yang dilakukan TNI termasuk kegiatan fisik. Untuk kegiatan fisik terdiri dari pembangunan jembatan dengan panjang 8 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 3,5 meter.  Kemudian pembangunan jalan dengan geladag dan pembetonan dengan panjang 135 meter dan lebar 3 meter. “Serta, pembangunan senderan jalan dengan panjang 114 meter dan tinggi 2,5 meter,” ucapnya. Disamping kegiatan pokok fisik itu ada juga sasaran tembahan yakni pembentukan badan jalan dengan panjang 115 meter dan lebar 4 meter. Serta pembuatan senderan kuburan dengan panjang 20 meter dan tinggi 2 meter. Serta, bedah rumah sebanyak satu unit di Desa Pejaten, Kediri.

Disebutkan juga, seluruh rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dengan metode Operasi Bhakti dan Komsos. Selain itu melibatkan 150 orang personil TNI dan unsur pendukung dari masyarakat di sekitar lokasi kegiatan dengan jumlah rata-rata perharinya sebanyak 75 orang.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan TNI setiap tahunnya ini mendapatkan apresiasi dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika seperti yang disampaikan lewat sambutan yang dibacakan Penjabat Bupati I Wayan Sugiada. Dalam sambutan itu disebutkan, pembangunan nasional memerlukan peran serta yang optimal dari komponen masyarakat. Program terpadu yang dilaksanakan secara sinergis berbagai pihak akan mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan.

“Salah satu bentuk keterpaduan program itu adalah TMMD. Program ini merupakan wujud nyata partisipasi TNI bersama masyarakat dalam pembangunan daerah. Sekaligus membantu pemerintah daerah dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Khususnya masyarakat desa,” ujarnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER