Polisi Belum Pastikan Penyebab Kebakaran, Kerugian sekitar 1 Milyar

  • 25 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2970 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Kantor Desa Gadungan dan sembilan kios di Banjar Suastika Carik Dangin,  Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan ludes dilalap di jago merah, Sabtu (24/10) malam. Meskipun tidak mengakibatkan korban jiwa, namun kebakaran dasyat itu menimbulkan kerugian sekitar Rp 1 Milyar. Pasalnya selain bangunan kantor desa dan 9 kios, api juga meludeskan beberapa sepeda motor milik warga. Ironisnya mobil pemadam kebakaran kabupaten Badung yang hendak memberikan bantuan pemadaman api  mengalami kecelakaan dan terguling di dekat patung Adipura Pesiapan.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, api penyebab kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.30, Sabtu malam itu pertama kali dilihat oleh I Wayan Sukanata,53. Saat itu saksi yang juga warga setempat sedang lewat di depan kios  milik I Made Suartana. Sukanata  melihat percikan api dari dalam kios gorengan milik Sutama yang saat itu sudah dalam keadaan tutup. Tak berselang lama, api mulai membesar dan asap membumbung ke angkasa. Karena panik, Sukanata kemudian langsung memukul  bulus kentongan yang ada di Balai Banjar. Wargapun berhamburan keluar rumah berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api membersar terus merembet kedelapan kios yang  besebelahan dengan sumber api. Tak hanya itu, Kandor Desa Gadungan yang juga ada di dekat lokasi juga tak luput dilalap si jago merah. 

Tujuh unit mobil pemadam kebaran yang dibantu pemadam kebakaran kabupaten Badung berusaha keras memadamkan api.  Api baru bisa dipadamkan setelah upaya keras tiga jam para petugas pemadam kebakaran.

Akibat peristiwa kebakaran tersebut, sembilan kios diantaranya milik I Made Suartana, Pan Sintia, Kadek L, Pak Agus, Men Sui, Pak Merta, Mangku Yanti (dua kios) ludes terbakar.   Kantor Desa Gadungan juga hangus hanya brangkas  yang terbuat dari baja berhasil selamat. Empat sepeda motor juga ikut hangus terbakar. Hingga kemarin belum diketahui penyebab kebakaran tersebut dan polisi masih melakukan penyidikan. Diduga api berasal dari konsteling listrik dari colokan pesawat TV yang masih  terpasang di kos gorengan yang juga ikut terbakar.

Sementara itu upaya pemberian bantuan pemadaman yang diberikan Mobil Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung saat meluncur ke TKP kebaran Desa Gadungan, mengalami musaibah. Mobil PMK Badung dengan nompol DK 2 F  yang dikemudikan    I Wayan Sugiarta,37  meluncur dari timur  dengan kecepatan tinggi menuju TKP. Saat tiba di By Pass Seoekarno  termasuk wilayah Br. Dauh Pala, Desa Dauh Peken Kecamatan Tabanan, Km. 21.900 dari arah berlawanan barat jurusan Gilimanuk – Denpasar  datang kendaraan truk. Truk  yang tidak diketahui identitasnya itu melewati tanjakan dan tikungan dan mengambil haluan agak ke tengah.  Disaat bersamaan truk PMK Badung berusaha mengindar yang kemudian menabrak Toyota Avanza DK 749 WG yang dikemudikan I Wayan Sudi Artana,42 alamat Jembranan. Kecepatan tinggi membuat truk PMK mengerem mendadak sehingga truk terguling melintang di tengah jalan.

Akibat kejadian itu sopir PMK, Wayan Sugiarta bersama empat petugas PMK Badung Jaka Pujawa,25,  I Gede Pujan,20, I Nyoman Gede Suitra,29, Dewa Eka Putra,26 dan I Gede Adi Surya,22 mengalami luka di benjolan di bagian kepala dan dahi dan luka lecet di tangan. Semuanya langsung dilarikan ke BRSUD Tabanan untuk mendapatkan perawatan. Sementara itu sopir Avanza dalam keadaan selamat.  Kerugian yang diderita dari kecelakaan tersebut sebesar Rp 3 Juta.

Dipihak lain Kapolsek Selemadeg Timur, AKP Sunarsa Minggu, (25/10) dihubungi belum berani memastikan penyebab kebakaran itu. “Kepastian penyebab kebakaran belum bisa kitapastikan, namun perkiraan kemungkinan arus pendek listrik di salah satu kios,” ucapnya. Hal itu kata dia dari beberapa keterangan pemilik kios sumber api mereka saat itu meski kios ditutup namun barang elektronik seperti kulkas dan yang lainna masih menyala. “Besok, Senin yang bersangkutan baru kita mintai keterangan, sehingga saat ini kita belum memastikan penyebab kebakaran sambil menunggu hasil labfor” ucapnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER