Jamcab Pramuka 2015 Awal Kebangkitan Pramuka Gianyar

  • 12 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3647 Pengunjung

Gianyar,suaradewata.com-Gerakan Pramuka merupakan garda terdepan bangsa, sehingga revitalisasi Gerakan Pramuka agar tetap dicintai, disukai, serta relevan bagi generasi muda terus dioptimalkan. Hal tersebut diungkapkan, Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra, saat membuka Jambore Cabang (Jamcab) Pramuka Gianyar 2015, di Bumi Perkemahan Rangkung, Banjar Lebih Beten Klod, Desa Lebih, Gianyar, Minggu, (11/10).

Kakwarcab Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra apresiasi pelaksanaan Jambore. Kegiatan yang diikuti ratusan anggota Pramuka Penggalang asal utusan seluruh Kwartir Cabang Gianyar, kemah akan dilaksanakan selama lima hari. Peserta akan tinggal di perkemahan mulai tanggal 10 hingga 14 Oktober 2015 mendatang. Jambore akan diisi pelbagai kegiatan Pramuka, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas anggota Pramuka Gianyar. Pelaksanaan ini juga merupakan hasil kerjasama antara pimpinan, pembina, panitia serta masyarakat yang telah melaksanakan persiapan hingga pembukaan Jambore Cabang Gianyar 2015. Gerakan Pramuka terbukti sebagai gerakan yang diterima lapisan masyarakat, sehingga dalam perkembangannya Pramuka selalu bisa sejalan dengan pekembangan zaman.

Pada acara pembukaan anggota Pramuka asal SMAN 1 Sukawati menampilkan The Zonk of ABDIkelompok Pramuka ini membawa berbagai barang bekas yang dimamfaatkan sebagai alat musik. Sehingga kegiatan ivovatif anggota Pramuka ini digemari anak muda. “Jambore Pramuka 2015 saya harapkan menjadi titik tolak kebangkitan Pramuka di Gianyar, setelah 25 tahun meredup,” imbuh Gus Gaga.  

Senada yang diungkapkan, Ketua Harian Kwartir Cabang (Kawarcari) Pramuka Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana peserta Jamcab yang berasal dari anggota gerakan Pramuka Penggalang yang usianya antara 11 hingga 15 tahun, akan kemah di Jamcab yang bertema mandiri, berprestasi, dan berkarakter selama lima hari. Peserta yang ikut berasal dari utusan semua Ranting se-Kwartir Cabang Gianyar, peserta harus memiliki persyaratan tertentu jika ingin ikut Jamcab. Kegiatan Jamcab lebih menonjolkan rekreasi edukatif di alam terbuka, sehingga potensi anggota Pramuka bisa lebih dikembangkan. Setiap Kwartir Cabang mengirimkan 32 orang, mereka akan dikelompokkan menjadi dua regu, putra dan putri. Mereka akan tinggal di tenda yang disediakan masing-masing regu, termasuk berbagai perlengkapan.

Membentuk watak, meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, ketrampilan, persatuan, dan kesatuan Pramuka Penggalang, serta memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Pramuka, merupakan tujuan pelaksanaan Jamcab Pramuka Gianyar 2015. “ Menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber-Bhinekka Tunggal Ikka serta meningkatkan kualitas anggota berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 merupakan salah satu tujuan Jamcab,” imbuh Ngurah Wijana.     

Pelaksanaan ini diharapkan bisa dijadikan pengembangan diri oleh peserta, seperti pengembangan mental, fisik, intelektual, spiritual serta sosial. “Meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, rasa tanggung jawab, serta komitmen terhadap penghayatan, dan pengamalan Kode Kehomatan Pramuka, Tri Satya dan Dasa Dharma,” terangnya.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER