Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Fraksi Lain Siap “Curi”Ketua BK

  • 10 September 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1979 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Ambisi Fraksi PDIP untuk menyapu bersih ketua-ketua alat kelengkapan dewan tampaknya tidak akan berjalan mulus. Pasalnya fraksi lain selain PDIP di DPRD Tabanan kini mulai merapatkan barisan guna “mencuri” salah satu posisi ketua dan yang paling memungkinkan adalah posisi ketua Badan Kehormatan (BK). Hal itu diungkapkan I Gst Ngurah Sanjaya dari partai Nasdem dan I Made Yasa dari Demokrat Rabu, (10/9).

Baik Sanjaya maupun Yasa menyadari bahwa secara komposisi jumlah pihaknya tidak mungkin bisa merebut ketua-ketua komisi karena keanggotaan dalam komisi itu mayoritas fraksi PDIP begitu juga lembaga yang lain. Namun demikian yang paling memungkinkan adalah ketua BK, pasalnya dalam keanggotaan BK adalah perwakilan satu orang masing-masing anggota fraksi yang ada.  “Kalau secara komposisi fraksi lain tidak ada peluang merebut ketua alat kelengkapan dewan kecuali ketua BK itupun dengan syarat fraksi lain harus kompak dan komit,” ucap I Gst Ngurah Sanjaya dari partai Nasdem dan I Made Yasa dari Demokrat. Masalahnya kemudian kata dia, hingga kini di fraksi lain selain PDIP masih ada friksi siapa yang akan didudukkan menjadi ketua BK tersebut. “Kami masih merapatkan barisan, mudah-mudahan kami bisa kompak dan merebut ketua BK,” ucap Sanjaya.

Seperti diketahui komposisi dari 40 anggota dewan di Tabanan mayoritas adalah anggota fraksi PDIP sebanyak 22 orang, fraksi Golkar 6 orang, Gerindra 4 orang, Demokrat 4 orang dan fraksi gabungan Hanura dan Nasdem masin-masin 2 orang. Dengan komposisi itu FPDIP memungkinkan merebut semua ketua alat kelembagaan dewan terutama ketua-ketua komisi. Pasalnya dari empat komisi setiap komisi yang berjumlah 9 atau 10 orang dan mayoritas adalah anggota fraksi PDIP. Selain komisi alat kelengkapan kelembagaan seperti Badan Legeslasi (Baleg), Badan Anggaran (Banggar), dan Badan Kehormatan (BK) juga menjadi target PDIP. “Sebagai partai pemenang keinginan teman-teman fraksi semua ketua alat kelembagaan mulai dari ketua komisi hingga ketua BK adalah anggota fraksi PDIP,” ucap Sekretaris FPDIP, I Made Suarta Rabu, (10/9) kemarin.

Meski optimis sapu bersih, namun pihaknya mengakui bahwa yang cukup berat adalah perebutan ketua BK. Pasalnya dalam BK komposisinya adalah satu orang dari masing-masing fraksi. “Kalau ketua yang lain saya rasa sudah final karena disana anggota kita mayoritas, tinggal ketua BK, karena komposisinya perwakilan masing-masing fraksi,” ucapnya. Dan untuk PDIP pihaknya mempercayakan kepada satu anggotanya yakni I Wayan Edy Nugraha Giri politsi asal Selemadeg.

Terkait hal itu Edy Nugraha Giri mengaku optimis atas dukungan rekan-rekannya termasuk dalam melakukan loby-loby dengan fraksi lain. “Saya optimis bisa merebutnya, saat ini kita dalam proses loby-loby tim sudah bergerak,” ucapnya. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER