Pantai Kedungu Dipasang Sirine Tsunami Seharga 1 Milyar

  • 30 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3251 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Dari 35,80 KM pantai yang dimiliki Tabanan Pantai Kedungu, Desa Belalang, Kediri, Tabanan dinilai sangat berpotensi kena dampak Tsunami. Wilayah tersebut kini mendapat bantuan sirine Tsunami yang nilainya mencapai 1 milyar. Alat ini berfungsi menginformasikan terjadinya Tsunami kepada masyarakat dengan radisu 2 km dan berbunyi dengan nada selama 3 menit. Bantuan sirine Tsunami itu disosialisasikan, Rabu, (30/9).

Kepala Balai Besar Wilayah 3 MKG Wayan Suardana menegaskan sirine itu bukan alat untuk mendeteksi tsunami, namun hanya alat untuk menginformasikan kepada masyarakat bila terjadi Tsunami. Saat ini kata dia di Bali sebelumnya telah terpasang di 6 lokasi di wilayah pesisir pantai yang padat kunjungan wisatawannya. "Mengingat kita di Bali memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, kita ingin wisatawan merasa aman dan nyaman. Karenanya kami telah memasang 6 buah sirine Tsunami di daerah pesisir pantai yang padat kunjungan wisatawannya," ungkapnya.

Sementara Kepala Pusat Gempa Bumi Tsunami BMKG Jakarta Muhamad Riyadi mengatakan sirine Tsunami adalah perangkat komunikasi yang dipasang di wilayah yang berpotensi terdampak Tsunami. Sirine ini digunakan untuk menyebarkan peringatan dini Tsunami dan arahan evakuasi secara luas kepada masyarakat. Evakuasi dilakukan menuju lokasi aman yang telah ditentukan sehingga mampu  menekan jumlah korban jiwa. "Saat ini BMKG melakukan pembangunan sirine sebanyak 39 buah, sirine dilengkapi dengan loud speaker yang berfungsi sebagai pengeras suara dan panel sirine. Radius sirine mencapai 2 km dan berbunyi dengan nada selama 3 menit," imbuhnya.

Dipihak lain Gusti Ngurah Sucita, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan mengatakan di Tabanan terdapat  6 Kecamatan dan 12 desa yang berada di sepanjang pantai selatan. Mereka telah diberikan sosialisasi khusus tentang evakuasi Tsunami. "Mudah-mudahan dengan dipasangnya sirine Tsunami, bahaya Tsunami bisa kita hindari sedini mungkin,” ucapnya. Dia juga mengarakan mengingat panjangnya pantai yang dimiliki di Tabanan memerlukan sekitar 9 sirine Tsunami. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER