Idul Adha, Siswa SMAN 1 Iuran Sumbang Sapi

  • 22 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2661 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Dalam memperingati Idul Adha 1436 H, siswa-siswi SMA Negeri 1 Tabanan iuran menyumbang hewan kurban berupa sapi. Sapi seharga 15 juta itu dibeli dari uang iuran siswa guru muslim disekolah tersebut. Sapi itu kemudian diserahkan kepada  Yayasan Al  Amin Tabanan di halaman SMAN 1 Tabanan, Selasa (22/9).

Kepala SMA Negeri 1 Tabanan Dr. I Made Jiwa, M.P mengaku dirinya mendukung penuh kegiatan berkurban yang dilakukan siswa-siswi muslim SMAN 1 Tabanan. “Mudah-mudahan hal ini terus bisa berlanjut. Kurban kali ini merupakan kegiatan kali kedua setalah pada tahun sebelumnya siswa-siswi muslim SMAN 1 Tabanan juga berkurban. Bila tahun sebelumnya hewan kurbannya berupa kambing, tahun ini meningkat berupa sapi,” paparnya. Tujuan dari kegiatan ini kata dia tidak lain melatih dan membiasakan siswa untuk  berbagai pada orang lain yang membutuhkan. “Kami berharap, kelak setelah mereka dewasa akan tumbuh jiwa senang berkurban dan berbagi kepada orang lain yang yang membutuhkan,” paparnya.

Sementara Guru Agama Islam SMAN 1 Tabanan , Masniatul Ilmiah, S.PdI, yang menyebutkan kegiatan berkurban siswa-siswi SMAN 1 Tabanan ini juga bertujuan  meningkatkan jiwa sosial, peduli sesama, rasa ikhlas dan menghilangkan rasa kikir. “Tujuan akhirnya adalah melatih  siswa  dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT,” ujarnya. Hewan kurban itu kata dia dibeli seharga Rp15 juta tersebut merupakan hasil iuran 68 siswa muslim dan tiga orang guru yang beragama Islam. “Uang iuran dikumpulkan sejak awal Agustus lalu hasil penyisihan dari uang saku harian siswa. Masing-masing anak iuran Rp 130 ribu. Sedang guru-guru sekitar Rp 2 juta,” terangnya.

Dipihak lain perwakilan Yayasan Al Amin H. Yamin Mukhtar member apresiasi atas bantuan para siswa tersebut. “Mudah-mudahan langkah SMAN 1 Tabanan ini bisa diikuti sekolah lainnya di Tabanan,” ucapnya. Bantuan hewan kurban itu kata dia akan dipotong pada Kamis (24/4) usai sholat Idul Adha bersamaan dengan pemotongan hewan kurban lainnya di Yayasan Al Amin, Tabanan. ''Idul Adha tahun ini kami memotong 12 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Daging kurban akan kami bagikan kepada warga yang memerlukannya. Baik itu muslim maupun non muslim," pungkas Yamin. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER