Antisipasi Banjir, Koramil Buat Lubang Biopori

  • 09 September 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1568 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com –Meski saat ini belum musim hujan namun jajaran koramil 01/Tabanan melakukan langkah antisipasi untuk menghadapi musim hujan. Para anggota koramil kini sibuk membuat lubang "bipori" untuk penyerapan air hujan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya ancaman banjir, Senin (8/9) di Makoramil Tabanan.

Komandan Koramil 01 Tabanan Kapten Inf Yudha disela-sela pembuatan biopori itu mengatakan pihaknya sengaja menjadi pelopor dalam pembuatan biopori itu guna melakukan pencegahan dini terhadap bahaya banjir. Kedepan pihaknya berharap pembuatan lubang Biofori tidak hanya dilakukan di oleh angg TNI AD melainkan seluruh lapisan masyarakat di Desa Binaan Babinsa setempat. "Lubang Biofori ini kamu maksudkan untuk penyerapan air hujan dalam rangka  mengatasi banjir secara dini," ucapnya.

Kedepan Koramil 01/Tabanan akan mengajak 12 desa dibawah binaannya termasuk menggandeng polsek untuk membuat Lubang Biofori. Para Babinsa diharapkan menjadi contoh dan bisa mengajak masyarakat di Desanya untuk membuat lubang Biofori yang berguna juga sebagai pelestarian lingkungan hidup. Karena menurut Yudha biofori juga dapat meningkatkan kesuburan tanah tanpa zat kimia, sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya petani yang memproduksi pupuk sendiri dari humus yang diendapkan dalam lubang biofori.

Lahan untuk kegiatan pembuatan biofori kali ini adalah milik TNI, atau lahan yang mendapat persetujuan dari pihak pemilik lahan. Untuk itu perlu diadakan sosialisasi oleh babinsa setempat dalam pembuatan biofori di desa binaannya. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER