Meningkatkan Partisipasi Donor Sukarela dan Donor Penganti

  • 17 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2830 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com- Stok darah yang terbatas masih merupakan masalah utama bagi PMI diusianya yang sudah mencapai 70 tahun. Kelangkaan ini mungkin disebabkan oleh ketidaktahuan masyarakat akan manfaat mendonorkan darahnya. Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, namun juga bagi pendonor itu sendiri.

Hal ini ditegaskan Direktur Unit Donor Darah PMI Kabupaten Gianyar dr. I Made Suwita,M.Kes, saat perayaan HUT ke 70 PMI di Stage Sidan Gianyar (17/9). Menurutnya kebutuhan akan darah di Kabupaten Gianyar per bulan bisa mencapai 400 kantong, sedangkan persediaan darah di PMI tidak mencukupi, karena tidak semua pendonor darahnya bisa didonorkan karena harus melalui serangkaian tes laboratorium.

Lebih lanjut dijelaskan dr. Suwita, untuk memenuhi stok darah di PMI pihaknya lebih menggiatkan donor darah penganti dan donor darah sukarela yang dilakukan pada event-event perayaan di Kabupaten Gianyar. Tidak hanya itu untuk lebih meningkatkan persediaan stok darah, Pemkab Gianyar telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 800/22511/Diskes/2015 tentang Partisipasi Sebagai Pendonor Darah. SE yang ditujukan kepada kepala SKPD, camat , perusahaan daerah, pengusaha di Kabupaten Gianyar agar berpartisipasi melakukan donor darah sehingga dapat dilakukan pelayanan yang optimal bagi kemanusiaan terkait dengan kebutuhan darah.

Dr . Suwita juga menambahkan untuk lebih meningkatkan keiikutsertaan masyarakat menjadi pendonor sukarela, PMI juga memberikan reward atau penghargaan bagi pendonor yang telah 50 kali atau lebih mendonorkan darahnya. Bahkan, di Kabupaten Gianyar tercatat ada nama I Gusti A Kerta Legawa telah lebih dari 115 kali mendonorkan darahnya dan I ketut Suberata dar Kodim 1616 Gianyar yang juga telah 80 kali donor darah. “Kami sangat berterimakasih pada mereka-mereka yang telah bersedia menyumbangkan darah demi keselamatan orang orang lain, semoga apa yang mereka lakukan dapat menginspirasi yang lain agar tergerak untuk melakukan donor darah,” kata dr. Suwita.

Sementara itu Bupati Gianyar dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Kesehatan Gianyar dr. Cahyani Widyawati mengatakan PMI merupakan sebuah organisasi yang mampu bertahan disegala dalam segala situasi kegiatan kemanusiaan, oleh karena itu Pemkab. Gianyar  akan selalu memberikan dukungan dan bantuan dalam bentuk apapun yang sekiranya bersinergi dengan kegiatan PMI Kabupaten Gianyar.

Peringatan HUT ini juga mengandeng IDI dan IBI Kabuten Gianyar dalam memberikan pelayanan seperti pemeriksaan papasmear, pengobatan gratis dan donor darah. Selain itu juga diisi dengan kegiatan seminar kesehatan reproduksi remaja yang diberikan oleh Ketua IDI Gianyar, dr. Nyoman Rudi Susantha Sp.OG.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER