Badung Gelar Gebyar Bedah Rumah dan Vaksinasi Kanker Serviks Massal

  • 05 September 2014
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1820 Pengunjung

 Badung, suaradewata.com- Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dibutuhkan keterlibatan dan partisipasi masyarat termasuk swasta. Guna mengentaskan masalah sosilal di Badung, Pemerintah Kabupaten Badung  membangun sinergitas dengan pihak swasta.  Dan dalam memeriahkan HUT Ibukota Badung, Mangupura ke-5 tahun ini, Pemkab Badung akan menggelar kegiatan yang cukup besar yakni gebyar bedah rumah dan vaksinasi kanker serviks. Khusus bedah rumah, selain menggunakan dana dari APBD Badung juga akan dibantu dari hasil penggalangan dana dari kegiatan yang bertajuk Together is one fun run yang dimotori Bali Villa Association. Hal tersebut terungkap saat Rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Badung dengan Bali Villa Association (BVA) di Ruang Ratna, Kantor Bappeda Litbang Puspem Badung, Jumat (5/9).

Rapat TKPK dipimpin Kepala Bappeda Litbang, I Wayan Suambara, dihadiri Ketua K3S Badung Ny. Ratna Gde Agung, Ketua Dharma Wanita Persatuan Badung Ny. Kompyang R. Swandika, dari WHDI Badung, Tim TKPK serta dari BVA.

Menurut Kepala Bappeda dan Litbang Kab Badung, I Wayan Suambara, rapat TKPK ini sebagai upaya mempertajam rencana pembentukan Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Badung. Forum TJSP ini berasal dari dunia usaha di Kabupaten Badung yang nantinya diharapkan dapat menjadi fatner pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan masalah sosial di Badung. "Pembentukan Forum TJSP ini berdasarkan Perda Badung No. 6 tahun 2013 tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Badung No. 83 tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Dalam peraturan bupati tersebut diamanatkan bahwa TKPK Badung diberi tugas untuk memfasilitasi terbentuknya Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP)," jelasnya. Ditambahkan, guna mematangkan pembentukan FTJSP telah dilakukan rapat koordinasi dengan asosiasi pengusaha di badung. Dalam waktu dekat akan dilakukan rapat lagi yang skupnya lebih besar.

Sementara Ketua Bali Villa Association Mangku, Wayan Suteja menyambut baik rencana pembentukan Forum TJSP tersebut. Menurutnya kebijakan Pemkab Badung ini merupakan langkah yang sangat baik, karena melalui Forum TJSP kita secara bersama-sama dapat membantu dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat dan ini perlu dukungan semua sektor. Sejak berdiri tahun 2006, BVA selalu terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang dilaksanakan Pemkab Badung. "Kedepan kita inginkan menyatukan langkah dari anggota kita di BVA untuk menyalurkan CSRnya secara bersama-sama, misalnya dalam HUT Hotelnya, CSR dikumpul di oganisasi dan secara bersama-sama pada saat HUT BVA, CSR itu dapat disalurkan kepada masyarakat melalui Pemkab Badung yang dalam hal ini dimotori K3S," jelasnya.
Hal senada juga disampaikan Penasihat Bali Villa Asosiation, Ismoyo. Menurutnya dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu khususnya di Badung, pada tanggal 12 Oktober 2014 nanti pihaknya bekerjasama dengan sejumlah pihak akan menggelar lari sehat dengan tema together is one fun run di Penin Sula, Nusa Dua. "Penggalangan dana dari fun run ini akan kami serahkan sepenuhnya untuk Pemkab Badung dalam bentuk kegiatan sosial," jelasnya seraya menambahkan kegiatan ini akan diikuti sebanyak 1000 peserta.

Mendengar informasi penyelenggaraan fun run di Badung yang berskala internasional tersebut, Ketua K3S Badung Ny. Ratna Gde Agung, sangat menyambut baik, apalagi dana yang terkumpul akan disalurkan kepada masyarakat Badung. Kata, Istri Bupati ini, guna memaksimalkan bantuan dana tersebut diusulkan untuk melaksanakan program gebyar bedah rumah, yang didukung pula dari bantuan dana APBD Badung melalui program peningkatan kualitas rumah sehat dan Usaha Ekonomi Produktif. "Moment dari kegiatan ini kami nilai sangat tepat serangkaian HUT Ibukota Badung Mangupura," jelasnya. Selain itu, agar gaungnya lebih besar, dalam event tersebut akan dilaksanakan pula vaksinasi kanker serviks massal yang diikuti sekitar 1.500 siswi kelas 1 SMA/SMK di Badung yang rencananya dipusatkan juga di Nusa Dua. hms

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER