Cegah Rabies, Puluhan Anjing Liar di Seltim Dieliminasi

  • 10 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2220 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Guna mencegah penyebaran virus rabies melalui gigitan anjing, aparat di Selemadeg Tmur mulai cari Camat, Polsek, aparat Desa dan Banjar bergerak membasmi anjing-anjing liar di wilayah tersebut. Hasilnya sebanyak 63 ekor anjing liar berhasil dieliminasi yang kemudian sampel bagian otaknya diuji lab. Sementara bangkainya dikubur di bawa jembatan Short cut, Megati, Kamis, (10/9).

Camat Selemadeg Timur, Ngurah Darma dalam aksi memburu anjing-ajing liar sejak pukul 08.30 hingga puku 15.00 wita itu pihaknya melibatkan sedikinya 60 orang yang terdiri dari staf camat, Dinas Peternakan, Polsek, aparat Desa dan Dinas serta para relawan. “Hasilnya kita berhasil mengeliminasi sebanyak 63 anjing liar,” ucapnya. Jumlah tersebut kata dia didapatkan di Serampingan Kelod 20 ekor, Serampingan Kaja 12 ekor, Megati Kelod 9 ekor, Megati Kaja 11 ekor, Jelijih Lebah 4 ekor dan Jelijih Tegeh 7 ekor. Ajing-anjing liar itu dieliminasi dengan menembak menggnakan tulup dan bius. “Hasil eliminasi itu tim mengambil bagian otaknya untuk dibawa ke laboratorium guna mengetahui apakah ada virus rabies atau tidak,” ucapnya. Sementara bangkai ajing dikubur di bawah jembatan short cut di megati. “Bangkai anjingnya kita kubur di bawah jematan short cut namun sebelumnya diupacarai dulu,” ungkapnya.

Tujuan dari eliminasi anjing itu tidak lain kata dia guna mencegah menyebaran rabies melaui gigtan anjing kepada manusia. Terlebih saat ini untuk mendapatkan vaksin var sangat sulit lantaran jumlanya terbatas, sehingga pihaknya melakukan pencegahan dengan melakukan eliminasi anjing-anjing liar. ”Upaya ini akan terus kita lakukan besok (Jumat, 11/9) rencananya kita sasar wilayah Desa Gunung Salak,” ucap Ngurah Darma. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER