97 Sawa Diaben Massal, di Mayungan

  • 04 September 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1348 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com –Sebanyak 97 sawa warga Desa Pakraman Mayungan, Baturiti diaben massal. Upacara pitra yadnya yang digelar setiap tujuh tahun ini diyakini mampu meringankan beban ekonomi warga setempat.

Hadir dalam prosesi ngaben massal Kamis, (5/9) Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan didampingi Anggota DPRD Tabanan asal Baturiti Nyoman Sudiana dan SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bendesa Pekraman Mayungan, Wayan Indrawan mengatakan 97 sawa yang diaben tersebut berasal dari dua banjar di Desa Pekraman Mayungan. Diantaranya, 45 sawa dari Banjar Mayungan Anyar dan 52 sawa dari Banjar Mayungan Led. Ngaben masal yang dilaksanakan di setra setempat, dipuput oleh dua sulinggih, yakni Ida Pedande dari Griya Kemenuh Gianyar dan Ida Pedande dari Griya Taman Belayu, Tabanan. “Ngaben massal ini dilaksanakan setiap 7 tahun sekali, tujuannya tidak lain untuk meringankan beban ekonomi masyarakat Mayungan, yang sebagian besar berprofesi sebagai petani,” ucapnya.

Sementara Bupati Tabanan memberikan apresiasi ngaben massal tersebut. Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan secara masal mampu meringankan beban ekonomi masyarakat. Tidak hanya dari segi ekonomi, namun rasa kebersamaan dan kepedulian antar sesame juga akan semakin meningkat. “kegiatan masal seperti inilah yang ingin terus saya tingkatkan. Karena selain biaya yang dikeluarkan lebih murah, juga mampu meningkatkan rasa persaudaraan diantara kita,” katanya.gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER