Sederet Prestasi Tabanan Dipimpin Eka-Jaya

  • 07 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4305 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Lima tahun mempimpin Tabanan pasangan Ni Putu Eka Wiryastuti dan I Komang Gede Sanjaya (Eka – Jaya) memiliki segudang prestasi. Hal ini sejalan dengan slogan yang didengungkannya yakni Tabanan Serasi (Sejahtera, Aman dan Berprestasi). Mulai dari anugrah soal sanitasi, WTN, pelayanan KTP, Tropy Adipura hingga Opini BPK WTP untuk pengelolaan keuangan daerah tahun 2014.

Berbagai keberhasilan yang diraih selama memimpin Tabanan lima tahun sebelumnya tidak didapat Eka – Jaya dengan mudah. Melainkan didapat dengan penuh perjuangan dedikasi yang tinggi dengan konsep kepentingan masyarakat adalah diatas segalanya. “Berbagai prestasi yang kami raih, adalah berkat kerja keras semua pihak terutama masyarakat Tabanan,” ucap Eka merendah.

Sesuai dengan visi-misi lima tahun sebelumnya Tabanan Sejahtera Aman dan Berprestasi berbagai keberhasilan yang diraih sebagai berikut  dari aspek Sejahtera, ditunjukkan dengan laju pertumbuhan ekonomi Tabanan yang mengalami peningkatan.Selain itu indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tabanan di tahun 2013 mencapai 76,19 (di atas capaian provinsi bali).Begitu juga angka Harapan Hidup (AHH) meningkat dan masih yang tertinggi di Bali.Angka melek Huruf meningkat sampai diatas 95% (data sampai tahun 2013).“Angka pengangguran menurun mencapai 0,79 (data sampai tahun 2013)dan angka kemiskinan  cenderung menurun mencapai 5,21% (data sampai tahun 2013),” bebernya. Sementara dari aspek Aman Eka mengungkapkan tidak terjadi konflik horizontal berskala besar yang bernuansa SARA maupun kriminal lainnya.Indikasi lain yakni kunjungan wisatawan meningkat mencapai 2,95 juta orang per tahun, hal ini menunjukkan keamanan dan kenyamanan berkunjung ke Tabanan.Ditambah lagi perhatian terhadap keselamatan pengguna jalan melalui program Trans Serasi. “Kami juga melengkapi dan menjaga stabilitas lalu lintas dengan pemasangan sarana prasarana jalan raya seperti : guardrail, marka jalan, traffic light, pulau jalan, rambu-rambu, mirror,pemasangan lampu penerangan jalan, perbaikan trotoar, dan perbaikan jalan secara hotmix, dan lain-lain,” ucapnya.

Sementara dari segi Aspek prestasi pihaknya mengungkapkan mampu menapatkan penghargaan Anugerah WTN (Kemenhub), Penghargaan Adhibakti Mina Bahari (Kementerian Kelautan & Perikanan), Trofi Adipura oleh Presiden RI, penghargaan pasar tertib ukur dari Kemendag, Raskin Award dari Kemenko Pembangunan Manusia & Kebudayaan. Tidak hanya itu saat kepemimpinan Eka – Jaya juga berhasil menyabet Penghargaan Pelayanan E-KTP oleh Menteri Dalam Negeri. “Khusus pada tahun 2014 Tabanan berhasil memperoleh Sanitasi Award, Anugerah PKPD-PU 2014 oleh MENDAGRI RI, dan yang membanggakan adanya Opini BPK WTP untuk pengelolaan keuangan daerah,” jelas Eka

Meski mencapai banyak keberhasilan dalam memimpin Tabanan lima tahun sebelumnya, namun Eka-Jaya mengakui banyak ada kekurangan. Salah satunya potensi produktifitas dan kreatifitas masyarakat Tabanan belum tergali dengan maksimal.Dari hasil evaluasi terhadap apa yang telah dicapai dan apa yang belum tercapai dari periode pemerintahan sebelumnyaEka Jaya terpanggil lagi untuk mengabdi untuk masyarakat Tabanan untuk lima tahun kedepan. “Dengan mengacu pada kerangka RPJPD Tabanan serta agenda Nawacita dan Trisakti Pemerintah Pusat, maka kami telah merumuskan kembali visi dan misi pembangunan Kabupaten Tabanan tahun 2016-2021, dengan slogan sehati membangun negeri,” beber Eka. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER