Ultah, Wagub Sudikerta Sambangi Dollar

  • 29 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3448 Pengunjung

Bangli, suaradewata.com– Akibat penyakit stroke yang menggerogoti I Wayan Tarma yang lebih dikenal dengan Dollar (62) telah menyebabkan seniman drama gong yang terkenal diera tahun 1990-an ini dalam kondisi yang memperihatinkan. Pasalnya, penyakit yang dideritanya sejak bertahun-tahun itu, telah menyebabkan yang bersangkutan selama lebih dari tiga tahun vakum dalam berkesenian. Karena penyakitnya itu juga, kini Dollar hanya bisa duduk di kursi roda. Bahkan yang bersangkutan nyaris tidak bisa bicara. Demikian terekam saat Wagub Sudikerta bersama keluarganya, menyambangi Dollar dikediamannya di dusun Siladan, Tamanbali, Bangli, Sabtu (29/08/2015).

Kedatangan orang nomor di Pemprov Bali ini, bersama keluarga dan sejumlah pimpinan SKPD Pemprov Bali disambut keluarga besar Dollar. Tampak juga, Petruk pasangan duet Dollar yang selama ini populer dengan banjolan-banjolan khasnya yang kerap mengocok perut saat memerankan Drama Gong.  Sesuai pantauan, tampak kondisi Dollar memang sangat memperihatinkan. Akibat penyakit stroke yang dideritanya, tangan dan kakinya belum bisa aktif digerakkan. Sesekali, Wagub berupaya menghibur Dollar dengan banjolan-banjolan juga. Meski belum bisa bicara lancar, Dollar masih bisa menyimak setiap goyunan yang dilontarkan Sudikerta dan rekan duetnya, Petruk.

Saat itu, menurut Wagub Sudikerta yang tepat merayakan Ulang Tahunnya yang ke-48 tahun, kedatangan ke rumah Dollar sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi seniman Dollar. “Usai dari persembahyangan di Pura Pasar Agung dan menghaturkan Pakelem di Gunung Agung, saya datang untuk mengunjungi para seniman dan budayawan. Salah satunya, Bli Dollar ini,” jelasnya.  Menurutnya, perhatian genernasi muda terhadap seniman dan budayawan Bali harus ditingkatkan, untuk menjaga serta melestarikan seni budaya Bali. “Perhatian terhadap jasa para seniman dan budayawan Bali mesti terus ditingkatkan oleh kita semua,” sebutnya.  

Saat itu, Wagub juga memberikan motivasi dan mendoakan kesembuhan Dollar dari penyakit yang telah dideritanya selama bertahun-tahun. Untuk meringankan beban penyakit Dollar, Wagub menyerahkan berbagai bantuan berupa sembako, pakaian dan bekal untuk kesembuhan Dollar. Saat itu, usai mengunjungi kediaman Dollar, selanjutnya Wagub mengunjungi salah satu seniman Arja Akah Canging di Badung, yang kondisinya juga memperihatinkan karena terserang penyakit. ard


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER