Rayakan HUT RI dengan Lomba Kumpulkan Sampah

  • 17 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2055 Pengunjung

Denpasar, suaradewata.com - Anak-anak Dusun Manuksesa, Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, merayakan Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia dengan cara unik. Sebab, anak-anak ini menggelar lomba mengumpulkan sampah plastik dan membersihkan desa sekitarnya.


Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tahun 2009 lalu, dengan inisiator Nyoman Tirtawan yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Bali. "Sejak tahun 2009 lalu, lomba ini digelar rutin setiap tanggal 17 Agustus," tutur Tirtawan, melalui saluran telepon, usai menggelar lomba ini.

Selain rutin digelar dalam rangka Hari Kemerdekaan RI, setiap akhir pekan secara rutin anak-anak Dusun Manuksesa juga melaksanakan hal serupa. "Khusus untuk 17 Agustus kali ini, sampah plastik yang terkumpul seberat sekitar 400 kg dan langsung dikirim ke TP Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng," beber politisi Partai NasDem itu.

Untuk lomba mengumpulkan sampah ini, Juara I mendapatkan hadiah Rp1 jt dg koleksi 163 kg sampah plastik. Adapun Juara II mendapatkan hadiah Rp500 ribu dengan koleksi sampah 76 kg dan Juara III mendapatkan hadiah Rp250 ribu dengan koleksi sampah 65 kg.

"Memang ini kelihatannya sederhana. Tetapi karena lingkungan kita belum merdeka dari sampah plastik, maka ide ini kami prakarsai. Kami ingin ini dilanjutkan sampai Tanah Air kita betul-betul bersih," tandas Tirtawan.

Melalui ide kecil ini, Tirtawan mengajak para pengusaha atau politisi yang memiliki uang lebih, agar mau menyisihkan sedikit uangnya untuk program lingkungan. "Daripada habiskan uang ke luar negeri untuk melihat kemajuan orang lain, lebih baik buat kemajuan bangsa sendiri dengan melakukan hal kecil seperti membersihjkan lingkungan," pungkasnya. san


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER