Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Nanam Pohon, Bupati Diajak Keliling Jalan Rusak

  • 27 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1205 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Warga Desa Nyambu, Kediri Tabanan dalam waktu tidak terlalu lama akan bernapas lega. Pasalnya Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berjanji akan menghotmix jalan di Desa Nyambu yang tembus ke Desa Buwit sepanjang 4,6 km pada 2015 mendatang. Hal itu diungkapkan Bupati Eka disela-sela penaman pohon Sandat Serasi di jaba Pura Puseh desa setempat Rabu, (27/8).

Menariknya sebelum penanaman pohon di jaba pura, Bupati sengaja diajak keliling dan memutar di desa tersebut guna merasakan langsung jalan yang rusak parah di desa tersebut. “Sebenarnya ke tempat menanam pohon itu bisa langsung namun ini ibu bupati biar tahu jalan kami rusak makanya diajak muter dulu kemudian baru ke tempat penanaman pohon,” ucap warga disana. Bahkan sebelum sampai ke areal penanaman Bupati disinggahkan beberapa lama di kantor desa setempat.

Rombongan Bupati di kantor Desa diterima langsung Prebekel Desa Nyambu Ida Bagus Putu Sunarbawa dan Ketua BPD Desa Nyambu I Gst Alit Ngurah Putra Tenaya. Disana baik prebekel dan BPD memaparkan kondisi Desa Nyambu termasuk jalannya yang rusak parah. Atas hal itu Bupati meminta warga setempat bersabar. “Kalau mau bersabar pasti ada bonusnya, dan tahun depan jalan ini akan di hotmix sepanjang 4,6 km, kalau yang lainnya hanya 1 km karena warga mau bersabar maka ada bonusnya,” ucap Bupati.

Menurut Bupati Eka selama empat tahun kepimpinannya  perbaikan demi perbaikan infrastruktur terus digenjot Orang Nomor Satu di Tabanan tersebut. Dengan Pendapatan Asli daerah (PAD) yang dimiliki Kabupaten Tabanan Rp. 65 milyar, Pemerintah telah berhasil memperbaiki jalan hotmix sepanjang 250 kilometer. Dimana 1 kilometer perbaikan menghabiskan dana mencapai Rp. 1,3 milyar. Tidak hanya jalan kabupaten, jalan desa juga mendapat prioritas. Seperti perbaikan infrastruktur dengan program partisipatif. Bupati Eka menyatakan, program yang melibatkan masyarakatnya sebagai tenaga kerja telah berhasil memperbaiki jalan desa sepanjang 700 kilometer dan Program pembangunan Infrastruktur Perdesan (PPIP) dari pusat mencapai 1070 kilometer. “Saya berharap masyarakat mau bersabar. Pelan tapi pasti, semua masyarakat Tabanan pasti menikmati jalan berhotmix,” ungkapnya.

Dipuncak acara, Bupati melaksanakan penanaman pohon Bungan Sandat Serasi di depan pura Puseh Desa setempat. Dimana Bungan Sandat Serasi ini nantinya akan digunakan sebagai mascot Tabanan selain Tari Bungan Sandat Serasi. Dia menyatakan, banyak manfaat yang diperoleh dari bunga ini. Diantaranya selain untuk prasarana persembahyangan, juga untuk penghijauan. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER