Penjabat Sugiada Bantu Orang Gila

  • 12 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2248 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - enghadapi penderita gangguan jiwa harus secara manusiawi, karena mereka memerlukan perhatian dan perlakuan yang baik agar mental mereka juga bisa pulih. Hal itu diungkapkan Penjabat Bupati Tabanan Wayan Sugiada saat menyambangi rumah Made Suriani di Banjar Umadiwang Desa Batannyuh Marga, Rabu (12/8).

Made Suriani mengalami gangguan jiwa dan saat ini dipasung oleh keluarganya agar tidak  mengganggu warga lain.  Suriani merupakan warga miskin dan dirawat oleh ibu dan ayahnya yang sudah tua. Sementara ini, Puskesmas Marga sudah pro aktif mengunjungi dan mengobati pasien ini.

Menurut ibunya, saat ini kondisi Suriani sudah agak membaik, sebelumnya Suriani biasa mengamuk dan berteriak. "Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemkab Tabanan. Putri kami mengalami gangguan jiwa dan sulit dikendalikan, sehingga beberapa waktu lalu sempat kami pasung," ungkapnya.

Sementara Wayan Sugiada mengatakan, menghadapi orang yang mengalami gangguan jiwa harus secara manusiawi, semakin disisihkan mereka akan semakin liar, apalgi jika diperlakukan dengan keras. "Orang yang mengalami gangguan jiwa harus diperlakukan secara manusiawi agar kejiwaan mereka segera pulih. Perhatian dan perlakuan baik dari orang sekitar akan semakin mempercepat pemulihan mereka," ungkapnya.
Sugiada berharap  bantuan dan perhatian yang diberikan Pemkab Tabanan bisa bermanfaat dan membantu mengurangi beban keluarga, mengingat kondisi keluarga Made Suriani sangat memprihatinkan. "Orang tua Made Suriani sudah renta, dan sekarang mereka juga harus merawat putri mereka yang mengalami gangguan jiwa. mudah-mudahan nantinya ada pihak yang mau terbuka hati dan perasaanya untuk membantu warga kita ini," tandasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER