Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tingatkan Hasil Pertanian, Pekaseh Latih Serati

  • 26 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 861 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com –Hasil pertanian yang melimpah diyakini tidak lepas dari upakara yang dilakukan di sawah-sawah milik petani. Guna menyamakan persepsi akan upakara disubak itu, Sabhantara Pekaseh Tabanan menggelar pelatihan serati subak, Selasa (26/8) di Hotel Taman Rai, Tabanan.

Pelatihan sehari itu diikuti oleh 30 peserta dari perwakilan masing-masing kecamatan. Ketua Sabhantara Pekaseh Tabanan Wayan Pasek Arimbawa menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang sama kepada serati, sehingga upakara yang wajib dilasaksanakan oleh subak, mulai dari awal hingga akhir dapat dilakukan dengan baik dan benar. Karena dengan upakara yang baik dan benar, akan mampu memberikan hasil pertanian yang lebih baik. “Upakara subak yang dibuat serati harus baik dan benar. Karena kelengkapan inilah yang akan memberikan hasil petanian yang melimpah,” jelasnya.

Mengingat pentingnya upakara subak yang benar, maka Pasek berharap kepada serati yang ada di Tabanan untuk membangkitkan kembali upakara-upakara yang telah ditinggalkan selama ini, sehingga keberadaan subak di Tabanan selalu ajeg. “Dengan berlandaskan pada Tri Hita karana, saya berharap hasil pertanian di Tabanan tiap tahunnya akan terus meningkat dan terhindar dari segala macam hama penyakit,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendapatan dan Pasedahan Agung Kabupaten Tabanan Nyoman Sudarma yang membuka pelatihan mewakili Bupati mengatakan, dengan adanya pelatihan ini, maka hasil produksi akan meningkat. Pertanian di Tabanan ajeg, dan predikat yang disandang Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali dapat dipertahankan. “Jika hasil pertanian melimpah, maka tingkat kesejahteraan petani akan meningkat dan visi Tabanan yang sejahtera, aman dan berprestasi dapat terwujud,” katanya. gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER