Bupati Eka Terima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM

  • 02 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2047 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Kali ini prestasi diperoleh pada bidang perkoperasian dan usaha kecil menengah dengan diterimanya piagam penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) 2015 bersama sejumlah tokoh lainnya di Indonesia. Penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Ngurah Puspayoga itu ditujukan langsung kepada Bupati Tabanan Ni Luh Putu Eka Wiryastuti.

Piagam itu sendiri diserahkan dalam puncak peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional Ke-68 di Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada 12 Juli lalu. Hadir dalam kesempatan itu Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa yang mewakili Bupati Tabanan.

Sabtu lalu (1/8), piagam penghargaan serta lencana tersebut diserahkan kepada Bupati Eka oleh Sekda Wirna Ariwangsa didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Anak Agung Tresna Dalem.

Usai penyerahan tersebut, Sekda Wirna menjelaskan, latar belakang diberikannya penghargaan itu berkaitan dengan komtimen serta keberpihakan Pemkab Tabanan dibawah kepemimpinan Bupati Eka dalam memberdayakan koperasi dan sektor UKM. “Komitmen ini bisa dalam bentuk regulasi serta dukungan anggaran. Sehingga koperasi di Kabupaten Tabanan berkembang dengan baik,” kata Sekda Wirna.

Selain itu, inovasi yang diterapkan Pemkab Tabanan melalui satuan kerja yang membidangi urusan perkoperasian juga menjasi poin penilaian. Khususnya inovasi yang berkaitan dengan pelayanan kepada koperasi dan sektor UKM. “Ini ditunjukkan dengan perkembangan koperasi dan UKM di Tabanan baik secara kwalitas maupun kwantitas,” imbuhnya.

Dengan dukungan komitmen ini, sambungnya, koperasi maupun sektor UKM di Tabanan memberikan kontribusi yang tidak sedikit bagi perkembangan ekonomi kerakyatan. Ini dibuktikan dengan kiprah beberapa koperasi di Tabanan yang mampu meraih prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Pada 2014 lalu, KUD Rejasa sempat mendapatkan penghargaan. Bukan hanya tingkat provinsi saja, tapi sampai ke tingkat nasional,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Anak Agung Tresna Dalem menimpali.

Sementara itu, Bupati Eka menyambut hangat pemberian penghargaan tersebut. Menurutnya, selain memberikan kebanggan tersendiri, penghargaan ini juga perlu dijadikan motivasi bagi Pemkab Tabanan untuk berbuat lebih maksimal. Khususnya dalam melahirkan kebijakan-kebijakan yang menunjang perkembangan koperasi dan sektor UKM yang harus diakui menjadi penunjang utama ekonomi kerakyatan. 

“Saya berharap penghargaan ini tidak membuat kita cepat puas diri. Sebaliknya penghargaan ini harus menjadi motivasi untuk berbuat lebih maksimal lagi di bidang koperasi dan sektor UKM,” komentarnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER