Mudik Lebaran Aman, Umat Muslim Kecamatan Ubud Turut Jaga Kamtibmas

  • 08 April 2024
  • 14:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1600 Pengunjung
Hendra Parwoto, dok.

Gianyar, suaradewata.com - Mudik saat Lebaran menjadi tradisi tahunan yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia. Namun, momen penuh suka cita ini juga menghadirkan potensi lonjakan mobilitas dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Oleh karena itu, peran serta masyarakat dalam menjaga Kamtibmas sangatlah penting untuk mewujudkan mudik Lebaran yang aman dan lancar.

Saat melaksanakan mudik lebaran pihak Kepolisian tetap melaksanakan himbauan kepada warga masyarakat untuk keamanan dan kenyamanan saat melaksanakan mudik dengan beberapa tips seperti:

•  Meninggalkan Rumah Aman: Pastikan rumah dalam keadaan terkunci dan aman sebelum ditinggal mudik. Berikan informasi kepada tetangga atau saudara terpercaya tentang rencana mudik untuk membantu mengawasi rumah.

•  Memperhatikan Barang Bawaan: Bawa barang bawaan secukupnya dan hindari membawa barang berharga berlebihan. Pastikan barang bawaan terjaga keamanannya selama perjalanan.

•  Memahami Rute Perjalanan: Pelajari rute perjalanan dan kondisi lalu lintas sebelum berangkat. Siapkan alternatif rute jika terjadi kemacetan atau gangguan lainnya.

Dalam menjaga situasi Kamtibmas saat mudik Lebaran, warga Muslim di Kecamatan Ubud ikut serta berpartisipasi dalam menjaga keamanan. seperti yang dilakukan oleh salah satu tokoh Muslim Kecamatan Ubud, Hendra Prawoto, yang mana dirinya terus menghimbau kepada warga Muslim yang akan melaksanakan mudik untuk memperhatikan keselamatan saat melaksanakan mudik dan memperhatikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan mudik.

Hendra Prawoto, Senin (8/4/2024) menyampaikan bahwa peran serta aktif masyarakat dalam menjaga Kamtibmas sangatlah penting untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman terlebih di wilayah Ubud yang menjadi salah satu destinasi wisata di Bali. “Saat mudik Lebaran banyak warga muslim yang meninggalkan rumahnya, agar tidak dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menjadi sasaran pencurian warga saling bahu membahu ikut serta menjaga keamanan dengan melakukan pengawasan terhadap rumah yang ditinggalkan oleh para pemudik,” ujarnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER