Pohon Tumbang di Jalur Masuk Pura Luhur Batukaru, Evakuasi Terhambat Serangan Nyawan

  • 13 Maret 2024
  • 22:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1489 Pengunjung
Pohon Tumbang di Jalur Masuk Pura Luhur Batukaru, Evakuasi Terhambat Serangan Nyawan. (istimewa)

Tabanan, suaradewata.com - Kejadian pohon tumbang menghalangi jalur masuk menuju Pura Luhur Batukaru di Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan pada Rabu (13/3/2024) dinihari mengundang perhatian. Warga sekitar bersatu untuk mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut, namun upaya tersebut terkendala oleh serangan nyawan yang tiba-tiba muncul.

 

Menurut Ketua Umum Pura Luhur Batukaru, Ketut Sucipto, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul enam pagi. "Kami bersama warga dan petugas di Pura Luhur Batukaru berupaya mengevakuasi pohon menggunakan mesin senso," ujarnya.

 

Namun, saat proses evakuasi hendak dilakukan, tiba-tiba muncul serangan nyawan yang mengganggu upaya tersebut. "Nyawan tersebut tiba-tiba menyerang warga yang berusaha memotong pohon," tambah Sucipto.

 

Akibat serangan tersebut, jalur masuk ke Pura Luhur Batukaru sempat ditutup sementara, menyebabkan pemedek dan pengunjung tidak dapat melintas. "Kami meminta bantuan petugas pemadam kebakaran Tabanan untuk menangani serangan nyawan ini," kata Sucipto.

 

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran, Dinas Satpol PP bidang 4, I Wayan Suakta, menjelaskan bahwa pihaknya bersama timnya turun ke lokasi setelah menerima laporan dari warga. "Kami menggunakan asap fogging untuk mengusir nyawan tersebut," katanya.

 

Usaha pengusiran nyawan dan evakuasi pohon akhirnya berhasil dilakukan pada pukul 14.00 Wita. "Situasi kini sudah aman terkendali, dan jalur masuk ke Pura Luhur Batukaru telah dibuka kembali," tambah Suakta. ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER