Longsor dan Pohon Tumbang Landa Bangli, Rumah Warga Bugbug Juga Tergerus

  • 06 Maret 2024
  • 12:45 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1669 Pengunjung
Kondisi rumah warga di Dusun Bugbug, Desa Batur Selatan, Kintamani yang tergerus longsor. SD/Ist 

Bangli, suaradewata.com - Dampak cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Bangli, Selasa (5/3) sore hingga malam, kembali menyebabkan sejumlah bencana alam berupa tanah longsor dan pohon tumbang. Salah satunya, sebuah rumah warga di Dusun Bugbug, Desa Batur Selatan, Kintamani, Bangli, tergerus material longsor. Rumah tersebut diketahui milik I Wayan Rantiana itu kini mengalami kerusakan pada dinding rumah karena jebol. "Tak ada korban jiwa. Tapi dinding rumahnya rusak akibat pondasi rumah mengalami longsoran,"kata Kepala Pelaksana BPBD - Damkar Bangli, I Wayan Wardana didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik I Ketut Agus Sutapa, Rabu (6/3/2024). 

Lanjut dia, terkait penanganan masih dalam proses dan dilakukan assesment sekaligus penyerahan paket bantuan logistik oleh BPBD-Damkar, Dinsos, dan PMI. Selain itu, dampak cuaca ekstrem juga menyebabkan bencana tanah longsor di ruas Banjar Wana Giri menuju Gunung Kunyit, Kintamani. Material longsor itu menutup sebagian ruas jalan. Upaya penanganan masih dikoordinasikan dengan pihak terkait lainnya. Sebab penanganan memerlukan alat berat. 

Sementara di Desa Batang, Kintamani disebutkan terjadi pohon tumbang sekitar pukul 22.10 wita di pertigaan traffic light, menyebabkan arus lalin sempat terganggu. "Upaya penanganan telah dilakukan oleh TRC Dinas PU Provinsi bersama Polsek Kintamani," ucapnya. Disisi lain, bencana serupa juga melanda di wilayah Kecamatan Susut. Yakni, berupa tanah longsor di ruas jalan Malet Gusti-Seribatu, Desa Penglumbaran. Material longsoran menutup hampir seluruh badan jalan. "Korban jiwa maupun luka nihil. Saat ini, upaya penanganan menunggu alat berat dari Dinas PU," pungkasnya. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER