Ketua DPRD Tabanan Apresiasi Festival Kesanga Bangkitkan Kreativitas Yowana

  • 26 Februari 2024
  • 23:50 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2006 Pengunjung
Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, saat pembukaan festival Parade Ogoh-Ogoh di Lapangan Taman Kota Tabanan. SD/ayu/ist

Tabanan, suaradewata.com - Sebuah pesta seni yang meriah menghiasi Lapangan Taman Kota Tabanan mulai Sabtu (24/2/2024) hingga Minggu (25/2/2024). 

Festival Kesanga, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan, menjadi panggung bagi para Sekaa Yowana (seka Teruna-Teruni) untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui Parade Ogoh-Ogoh.

Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, menjelaskan bahwa acara ini tidak hanya sebagai bentuk penyambutan Hari Raya Nyepi tahun caka 1946, tetapi juga upaya untuk melestarikan kekayaan budaya Bali. "Parade Ogoh-Ogoh ini menjadi cerminan dari kreativitas seni para Yowana dalam menyambut Hari Raya," ungkap Dirga.

Dalam penutupannya, Dirga menyatakan apresiasi dan dukungan penuh dari pihak DPRD Tabanan terhadap kreativitas para Yowana. Menurutnya, Festival Kesanga bukan hanya sekadar pesta, tetapi juga wadah untuk memberikan ruang kepada para pemuda untuk berkarya dan berekspresi. "Parade ini adalah bentuk apresiasi kami dan kesempatan bagi para Yowana untuk berkreasi," tambahnya.

Dirga juga menekankan pentingnya untuk menjaga keaslian seni dan budaya Bali serta mengembangkan potensi diri bagi generasi muda di Tabanan. "Saya berharap pemerintah dapat terus mendukung acara ini, dan para pemuda dihimbau untuk tidak membeli Ogoh-Ogoh, melainkan mengembangkan kemampuan dan kekompakan di masing-masing Sekaa Teruna," tutup Dirga.

Dalam parade tersebut, sebanyak 12 Ogoh-Ogoh dengan berbagai bentuk dan karakter, hasil karya Sekaa Teruna dari berbagai desa di Kecamatan Tabanan, turut serta. Selain itu, para Sekaa Teruna juga mempersembahkan tarian kreasi yang memukau penonton.

Semangat kreativitas dan kekompakan yang terpancar dari Festival Kesanga ini membawa harapan akan terus berkembangnya budaya dan seni Bali, serta menumbuhkan semangat kebersamaan di kalangan generasi muda Tabanan. Ayu/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER