Usung Pelestarian Budaya, Bupati Sanjaya Buka Festival Ogoh-ogoh Singasana 2024

  • 24 Februari 2024
  • 20:40 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1725 Pengunjung
Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya saat membuka Festival Ogoh-ogoh Singasana Tahun 2024 di seputaran areal Gedung Kesenian I Ketut Maria, Taman Bung Karno hingga Jalan Gajah Mada, Tabanan, Sabtu (24/02/2024). SD/hms/ist

Tabanan, suaradewata.com – Dengan mengusung pelestarian Budaya, Adat dan Seni di Kabupaten Tabanan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M, membuka Festival Ogoh-ogoh Singasana Tahun 2024. Festival ini disaksikan ribuan masyarakat di seputaran areal Gedung Kesenian I Ketut Maria,  Taman Bung Karno hingga Jalan Gajah Mada, Tabanan, Sabtu (24/02/2024). 

Festival tahunan ini, merupakan inisiasi langsung dari orang nomor satu di Tabanan yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Terutama Sekaa Yowana yang mengikuti perlombaan ogoh-ogoh, di mana penilaiannya telah dimulai sejak tanggal 22 Februari dan dilaksanakan hingga 26 Februari 2024 selama 5 hari.

Pelaksanaan Festival Ogoh-Ogoh Singasana Tahun 2024 mengambil tema “Nyomya Bhuta Kala Nyanggra Nawa Warsa Icaka 1946 Nyujur Paduraksa Jayaning Singasana". Diikuti oleh 12 Peserta dari 12 Desa Dinas yang ada di Kecamatan Tabanan. Juara pertama diraih oleh Yowana dari Desa Subamia yang memenangkan hadiah sebesar 10 juta rupiah.

Kemudian juara Kedua, yakni Yowana Desa Delod Peken dengan hadiah sebesar 7,5 juta rupiah dilanjutkan dengan juara Ketiga, yakni dari Yowana Desa Denbantas dengan hadiah sebesar 5 juta rupiah. Selanjutnya pada festival kali ini akan ditentukan kejuaraan khusus dari Juri kehormatan, yakni kategori Juara Terfavorit pilihan Bupati Tabanan, Juara terunik pilihan Ketua DPRD Kabupaten Tabanan dan Juara Terkreatif pilihan Wakil Bupati Tabanan, di mana masing-masing juara akan mengantongi hadiah sebesar 5 juta rupiah. 

Bupati Sanjaya memberikan apresiasi kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi ini. PIhaknya juga seraya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan, Bendesa Adat, tokoh-tokoh serta seluruh pihak terkait karena terselenggaranya parade ogoh-ogoh yang sudah lama dinantikan oleh masyarakat Tabanan.

“Kita di Pemerintah Era Baru ini, banyak parade yang akan kita lakukan, seperti kemarin ada lampion dan parade nusantara, Parade Imlek dan lain-lain. Semua kita parade-kan, sehingga masyarakat Tabanan menjadi riang gembira. Tugas pemerintah untuk menghibur masyarakat, agar riang gembira, sekaligus pelestarian adat, agama dan seni budaya,” ujar Sanjaya.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan, I Made Yudiana mengatakan terselenggaranya festival ini merupakan peran serta dan inisasi yang luar biasa dari Bupati Tabanan. “Mewakili para yowana, kami menghaturkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Bupati atas ruang, waktu dan pendanaan yang telah diberikan. Sehingga kreatifitas anak muda di Tabanan dapat terwadahi seperti saat ini,” jelasnya. Rls/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER