10 Ribu Lebih KPPS di Tabanan Dibimtek Pungut Hitung

  • 28 Januari 2024
  • 18:35 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1100 Pengunjung
Bimtek KPPS desa Denbantas, di Balai Banjar Sakenan Belodan, Minggu, (28/01/2024)

Tabanan, suaradewata.com – Pemilu 2024 kini tinggal hitungan minggu. Untuk itu KPU Tabanan terus gencar mempersiapkan agar hajatan lima tahunan itu berjalan dengan lancar. Salah satunya melakukan Bimtek (Bimbingan Teknis) kepada KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang nanti akan bertugas di TPS (Tempat Pengutan Suara) saat 14 Pebruari 2024.

Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra, SH mengatakan jumlah KPPS di Kabupaten Tabanan adalah sebanyak TPS kali 7 orang, yakni sebanyak 10.815 orang. “Hitungannya jumlah TPS kita di Tabanan sebanyak 1.545, dan masing-masing TPS ada 7 orang KPPS, sehingga jumlah KPPS kita adalah 1.545 x 7 orang,” jelasnya, saat dihubungi Minggu, (28/01/2024) disela-sela melakukan monitoring Bimtek KPPS di Desa Cepaka, Kecamatan Kediri.

Bimtek tersebut kata dia, sudah dimulai sejak 25 Januari lalu dan akan berakhir pada 29 Januari 2024 besok. “Bimtek dilakukan oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang ada didesa didampingi PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), dan kami KPU Tabanan setiap hari melakukan monitoring, guna memastikan bimtek tersebut berjalan dengan baik, aman dan lancar,” ucapnya.

Dijelaskan para KPPS tersebut, diberikan bimtek terkait teknis pemungutan dan penghitungan suara di TPS, termasuk didalamnya penggunaan Sirekap. Karena kata dia, dalam pemilu 2024 mendatang, penyelenggara menggunakan aplikasi sirekap guna meminimalisir kesalahan dan kecurangan. “Sirekap adalah sebutan lain untuk Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik yang dikembangkan dan digunakan oleh KPU untuk perhitungan suara,” jelas Suwitra. Red/gin.

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER