Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Kerahkan 400 Tenaga Pelipat Surat Suara Pemilu 2024

  • 04 Desember 2023
  • 19:50 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1451 Pengunjung
400 tenaga pelipat dari berbagai kalangan masyarakat, pada Senin, (4/12/2023), di Gudang Logistik KPU Buleleng.

Buleleng, suaradewata.com- Ratusan ribu surat suara beserta kotak suara telah sampai di Gudang Logistik KPU Buleleng. Terhadap hal ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Komang Dudhi Udiyana, ST., gerak cepat lakukan pelipatan surat suara dengan mengerahkan 400 tenaga pelipat dari berbagai kalangan masyarakat, pada Senin, (4/12/2023), di Gudang Logistik KPU Buleleng.

Ketua Komang Dudhi menyampaikan sejumlah 653.117 lembar surat suara dan 1.217 kota suara telah sampai di Buleleng pada Minggu, (3/12). 

Terkait itu, pihaknya langsung melakukan langkah cepat dengan mengerahkan 400 tenaga pelipat yang sebelumnya telah lolos registrasi pendaftaran. 

“Hari ini kami lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara dengan mengerahkan 400 tenaga yang kami bagi menjadi 40 kelompok. Setiap kelompok kami tunjuk 1 orang koordinator agar lebih mempermudah proses pendataan laporan jumlah lipatan surat suara yang dikerjakan,” terang Komang Dudhi.

Ditambahkan, surat suara yang hari ini terkumpul di Gudang Logistik KPU Buleleng adalah surat suara DPR RI, DPR Provinsi dan juga DPR Kabupaten/Kota. Dalam proses pelipatan nanti, Komang Dudhi mengaku akan langsung melakukan evaluasi terhadap hasil jumlah lipatan surat suara yang mampu dikerjakan tenaga pelipat, sehingga apa yang menjadi tujuan yang sudah teragenda dapat tercapai dengan lancar dan tepat waktu.

Sementara itu, dalam rangka mengamankan proses pelipatan surat suara, KPU Buleleng juga bersinergi dengan Polres Buleleng untuk membantu melakukan pemeriksaan kepada tenaga pelipat sehingga proses pelipatan benar-benar steril dari barang-barang yang tidak diperbolehkan sesua ketentuan. 

Kabag Ops Polres Buleleng, Nyoman Wiranata ketika ditemui saat melakukan pengawasan menerangkan bahwa pihaknya menerjunkan 18 Polwan dan 16 Polisi untuk melakukan pemeriksaan terhadap 400 tenaga pelipat sebelum masuk Gedung Logistik KPU Buleleng. 

“Hasil koordinasi kami dengan KPU Buleleng sebelumnya telah menyepakati agar seluruh tenaga pelipat tidak membawa barang bawaan ketika masuk gedung logistik. Seperti korek api, sajam, handphone, termasuk makanan dan minuman. Semua harus steril disini,” tegas Kabag Ops, Nyoman Wiranata.

Disinggung terkait kondisi Buleleng menjelang Pemilu, pihaknya menerangkan Buleleng masih sangat aman dan pemasangan alat peraga kampanye yang masih berlangsung juga berjalan dengan tertib.

Kabag Ops Nyoman Wiranata juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusifitas di Buleleng menjelang dan saat Pemilu berlangsung. 

“Mari bersama-sama menjaga Buleleng tetap aman dan kondusif, sukseskan Pemilu nanti dengan datang ke TPS pada tangaal 14 Februari 2024,”sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER