Ketua DPRD Tabanan Dukung Generasi Muda Tabanan Bangga Jadi Petani

  • 23 November 2023
  • 12:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1502 Pengunjung
Ketua DPRD Tabanan Dukung Generasi Muda Tabanan Bangga Jadi Petani

Tabanan, suaradewata.com – Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, memberikan dukungan penuh terhadap generasi muda atau milenial yang memilih berprofesi sebagai petani. Dirga menekankan pentingnya peran anak muda dalam menjaga eksistensi Kabupaten Tabanan sebagai lumbung beras dan lumbung pangan Bali.
"Kami dari Dewan sangat mengapresiasi inisiatif anak muda yang bersedia terlibat dalam usaha pertanian. Karena dengan terlibatnya generasi muda dalam sektor pertanian, maka akan ada regerasi dalam sektor pertanian dan penerapan teknologi Pertanian Ramah Lingkungan bisa diterapkan di Tabanan," jelasnya Rabu (22/11/2023).
Dirga menyoroti bahwa saat ini, profesi petani di kalangan milenial masih langka, dengan banyaknya petani yang berusia lanjut. Regenerasi di bidang pertanian menjadi krusial untuk memastikan keberlangsungan komoditas pertanian di masa depan.
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Petani Muda Milenial, Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan menggelar Bimbingan Teknis Pertanian Ramah Lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendukung peralihan menuju pertanian organik di Kabupaten Tabanan serta meningkatkan peran para petani muda dalam sektor pertanian.
Dirga mendorong kembali minat generasi muda dalam bidang pertanian dan meyakini bahwa masa depan pertanian ada di tangan para petani muda. Ia menambahkan bahwa perlu adanya petani milenial yang dapat menginspirasi dan memotivasi anak muda untuk terlibat di bidang pertanian.
Dalam konteks ini, Dirga menyampaikan bahwa sinergitas antara dinas terkait sangat diperlukan. Ia mengingatkan bahwa tanpa perhatian serius terhadap aspek penting seperti irigasi, pasca panen, dan pemasaran produk pertanian, minat anak muda terhadap profesi petani bisa sulit tumbuh.
"Dengan sinergitas antara dinas terkait, diharapkan generasi muda akan tertarik menjadi petani. Pemerintah perlu serius memperhatikan berbagai aspek, mulai dari irigasi hingga pemasaran produk pertanian, agar minat anak muda tumbuh dan terjaga," pungkas Dirga. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER