Relaksasi Pajak Tahap II, Samsat Tabanan All Out Berikan Layanan Samsat 3 Menit Selesai

  • 23 Oktober 2023
  • 08:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1784 Pengunjung
Kepala UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan (Samsat Tabanan), I Ketut Sadar, S.Sos., MH bersama jajaran.

Tabanan, suaradewata.com - Melayani dengan Tulus, Lurus, Fokus dan Tanpa Batas atas slogan dari UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan (Samsat Tabanan). Maka dari itu inovasi pun terus dikembangkan. Salah satunya dengan menyajikan layanan Samsat Tiga Menit selesai.

 

Kepala UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Provinsi Bali di Kabupaten Tabanan (Samsat Tabanan), I Ketut Sadar, S.Sos., MH menerangkan jika pelaksanaan Peraturan Gubernur (Pergub) No.50 Tahun 2023 Tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Kedua (BBNKB II), sebagai relaksasi pajak yang mulai diberlakukan pada Senin, 11 September hingga 30 Nopember 2023 disambut antusias masyarakat. Maka dari itu pihaknya pun menyajikan layanan Samsat Tiga Menit selesai.

 

Pihaknya juga membuka gerai layanan Samsat di Kantor Bank BPD Bali Cabang Pembantu Baturiti, Tabanan dengan target bayar pajak tahun berjalan selama 3 menit selesai.

 

"Saya tambahkan SDM, sehingga percepatan bisa dilakukan seperti di Gerai Samsat Baturiti dan langsung bersurat kepada perbekel se-Kecamatan Baturiti. Kita tambah personil sehingga 3 menit selesai, bahkan pokoknya jika hanya pembayaran pajak 1 tahun berjalan cuma butuh waktu hanya 2 menit selesai. Jadi wajib pajak tidak sempat duduk saja sudah selesai," imbuhnya.

 

Dilanjutkan ileh pejabat yang sempat menjabat sebagai Kasi Penagihan dan Keberatan Pajak di Samsat Badung itu, selain inovasi layanan Samsat hanya 3 menit selesai, pembayaran tagihan pajak kendaraan juga bisa lewat BumDes, Koperasi dan LPD se-Tabanan yang bekerja sama dengan Samsat Tabanan, sehingga kualitas layanan semakin meningkat.

 

"Hasil pendataan kita untuk target potensi tunggakan pajak tahun berjalan di Samsat Tabanan sudah tercapai 67,53 persen, sedangkan yang lain masih rata-rata baru 30 persen dan sangat jauh menyelesaikan potensi. Karena kita menang gas dari yang lain. Bahkan kalau kita tidur saja sudah tercapai target potensi pajaknya," sambung Sadar.

Ia pun menyebutkan per Selasa, 10 Oktober 2023 dari target PKB sebesar Rp120.597.929.000 telah terealisasi Rp110.296.506.000 atau 91,45 persen. Sedangkan target BBNKB sebesar Rp52.862.968.000 mampu terealisasi Rp74.813.410.000 atau target terlampaui 141,52 persen. "Sebenarnya masih banyak waktu, tapi kita sudah unggul menyelesaikan tunggakan tahun berjalan dan semakin sedikit tunggakan wajib pajaknya. Berarti sangat jauh dengan target pendapatan dari Samsat yang lain," lanjutnya.

 

Disisi lain, salah satu inovasi yang dilakukan dengan terus menggencarkan razia door to door sporadis langsung ke rumah wajib pajak masing-masing untuk meningkatkan pencapaian PKB, sekaligus sosialisasi pemutihan dan memperbarui data pajak kendaraan. "Ini sejalan dengan visi kita yakni melayani dengan Tulus, Lurus, Fokus dan Tanpa Batas," pungkasnya. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER