Gelar Gala Dinner KTT AIS Forum 2023, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Datang Kepada Seluruh Delegasi

  • 11 Oktober 2023
  • 06:45 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1214 Pengunjung

Badung, suaradewata.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka gala dinner KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 di Bali. Jokowi berharap gala dinner ini dapat mempererat kerja sama antarnegara kepulauan.

Bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa pelaksanaan KTT AIS Forum 2023 merupakan momentum untuk semakin memperkuat kolaborasi antar negara kepulauan.

“Welcome to Bali, welcome to Indonesia, to the first high level meeting of the AIS Forum Gala Dinner. Forum to strengthen collaboration among Archipelagic and Island State Countries,” katanya.

Menurut Kepala Negara, lautan merupakan kehidupan bersama dan mampu menyatukan semua pihak.

Selain itu, di dalam lautan memang terdapat sangat banyak sumber daya yang harus mampu terus dikelola dengan penuh tanggung jawab.

“Ocean is our life, ocean units our people and ocean provides many resources that we have to manage in responsible manner. Let us florist our friendship and please enjoy the evening,” tutup Presiden Jokowi.

Indonesia selaku tuan rumah dari KTT AIS Forum 2023 memang telah sangat berpengalaman untuk berupaya mewujudkan gelaran tersebut menjadi lancar.

Salah satunya adalah dari sektor pengamanan, yang mana kesiapannya bahkan sudah digelar sejak jauh hari.

Upaya memastikan kesiapan tersebut dilakukan dengan cara menggelar tactical floor game (TFG) dari aparat keamanan.

“Kegiatan TFG ini sangatlah penting dilakukan guna memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka mengamankan event KTT AIS Forum 2023 yang akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 10 sampai 11 Oktober mendatang," kata Irjen Firman dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan.

Diharapkan dengan adanya TFG itu mampu menjadikan aparat keamanan semakin siap dalam menghadapi berbagai macam situasi atas gangguan yang mungkin terjadi.

“Saya berharap pada kegiatan ini kita bisa menemukan hal-hal yang selama ini belum diprediksi, sehingga kita dapat mengantisipasinya dan lebih matang dalam menghadapi kegiatan TFG tingkat selanjutnya," ungkap Firman.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Bali pun mengamini hal senada bahwa TFG dilakukan untuk semakin mempersiapkan seluruh personel akan pengamanan dan memastikan gelaran KTT AIS Forum 2023 lancar.

“Pada Tactical Floor Game yang ini bertujuan untuk mengetahui detail tentang pelaksanaan pengamanan baik Ring 1, 2 dan 3 yang mungkin pada pelaksanaan nya akan bergerak dinamis namun sekiranya dengan perencanaan awal ini maka pelaksanaannya pun tidak akan jauh berubah walaupun pada saat event KTT AIS Forum 2023 situasinya akan dinamis," pungkas Kapolda Bali.


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER