Kebakaran Ludeskan Hektaran Hutan Di Banjar Alengkong

  • 26 September 2023
  • 20:30 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1581 Pengunjung
Petugas saat berupaya memadamkan kebakaran di kawasan hutan Banjar Alengkong, Songan, Kintamani. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Musibah kebakaran melanda kawasan hutan dari wilayah Munti Gunung, Kabupaten Karangasem merembet ke Kawasan hutan lindung Belongan Bekul, Banjar Alengkong, Desa Songan B, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Kebakaran yang terjadi di Kawasan Hutan KPH Bali Timur, perbatasan dengan wilayah Kabupaten Karangasem diketahui terjadi Selasa (26/9/2023) sekitar pukul 13.00 Wita. 

 

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Sutanto saat dikonfirmasi, membenarkan kejadian tersebut. Disebutkan, kebakaran diduga disebabkan karena cuaca panas serta angin kencang yang memicu gesekan ranting kering mengakibatkan api, yang dengan cepat membesar dan merambat membakar pepohonan serta semak belukar yang ada di Hutan Lindung Belongan Bekul. Dampaknya, kata dia, sekitar 2 hektar lahan hutan ludes terbakar. “Titik api pertama kali terlihat oleh warga Br. Alengkong, Desa Songan B, dari daerah Munti Gunung, Karangasem dan merambat naik ke kawasan hutan Belongan Bekul, Br. Alengkong, Desa Songan B, Kintamani,”katanya. 

 

Setelah menerima laporan pihaknya bersama tim gabungan seperti Babinsa Songan B, bersama warga sekitar berupaya memadamkan api menggunakan alat seadanya. Setelah melalui perjuangan yang berat, akhirnya api baru bisa dipadalam sekitar pukul pukul 15.25 Wita. “Petugas gabungan masih berada di lokasi kebakaran guna memastikan titik api benar-benar padam dan membuat sekat sehingga api tidak kembali hidup dan meluas,”ucap Ruli Susanto. Dia kemudian menghimbau ditengah cuaca panas seperti sekarang ini, warga harus tetap mewaspadai bahaya kebakaran hutan dan lahan.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER