Undiksha Kukuhkan Lima Guru Besar, Rektor Sebut Target Capai 100 Guru Besar Di Tahun 2025

  • 24 Agustus 2023
  • 16:20 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1360 Pengunjung
Ketua Senat Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. mengukuhkan lima profesor Rabu, (23/8/2023). 

Buleleng, suaradewata.com- Ketua Senat Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd. mengukuhkan lima profesor atau Guru Besar, pada Rabu, (23/8/2023). 

 

Kelima guru besar tersebut, diantaranya Prof. Dr. Drs. I Wayan Kertih, M.Pd bidang ilmu Pendidikan IPS, Prof. Dr. Desak Made Citrawathi,M.Kes bidang ilmu Pendidikan Kesehatan, Prof. Dr. Maria Goreti Rini Kristiantari,M.Pd bidang ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar, Prof. Dr. Ni Made Pujani, M.Si bidang ilmu Pendidikan IPA, dan Prof. Dr. Ni Ketut Rapi, M.Pd bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Fisika.

 

Para guru besar berbagai bidang ilmu pendidikan ini didorong untuk terus berinovasi di tengah fenomen disrupsi. Selain itu juga selalu berkontribusi untuk mewujudkan Undiksha sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). 

 

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dalam sambutannya menegaskan capaian jabatan guru besar oleh para dosen bukan tujuan akhir dari seorang akademisi. Karena pada dasarnya esensi pendidikan adalah bagaimana menjadikan manusia yang terdidik dan dilatihkan untuk memiliki makna bagi diri sendiri, bagi lingkungan, bagi bangsa dan negara. Artinya kapasitas dan nilai guru besar bukan semata-mata ditentukan oleh gelar yang disematkan. Tetapi akan lebih dihargai manakala bisa menyumbangkan ide dan gagasan maupun melakukan tindakan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

“Pelekatan gelar guru besar bukan berarti menghentikan langkah untuk berinovasi." ujarnya. 

 

Ia menyebut Undiksha sedang berbenah, masyarakat tengah digoda oleh berbagai fenomen disruption.

 

"Tentunya hal ini menjadi perhatian para guru besar dan membantu lembaga untuk menjawab tantangan yang ada,” tegas Lasmawan. 

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini Undiksha telah memiliki 61 orang guru besar tetap. Dan pada Tahun 2025, ditargetkan mencapai 100 orang. Menurutnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kapasitas Undiksha sebagai Badan Layanan Umum adalah sebagai kewajiban dan sebagai upaya oleh Undiksha untuk menuju PTN BH.

 

"Sebagai lembaga pendidikan, Undiksha terus berbenah dan berupaya meningkatkan kualitas dengan berbagai langkah strategis. Hal ini diharapkan dapat didukung dengan sinergisitas bersama pemerintah daerah maupun provinsi, stake holders terkait, maupun perguruan tinggi serumpun dan sejenis." pungkas Rektor Lasmawan. sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER