Meriahkan HUT RI ke 78 dengan Gerak Jalan, LKBB Siswa-Siswi Se-Kabupaten Buleleng

  • 29 Juli 2023
  • 14:45 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1637 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com- Kegiatan tahunan yang selalu menarik animo masyarakat Buleleng tepatnya menjelang HUT RI akan diselenggarakan lomba gerak jalan dengan konsep yang berbeda di Tahun 2023 ini. Pasalnya, Pemkab Buleleng melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng bersinergi dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Buleleng akan menyelenggarakan Lomba Gerak Jalan tingkat SD dan SMP 8 km, serta Latihan Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Variasi tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng pada Agustus mendatang.

 

Kepala Disdikpora Buleleng I Made Astika, pada Jumat, (28/72023) menjelaskan bahwa kegiatan yang sangat ditunggu masyarakat Buleleng ini akan diselenggarakan dengan konsep berbeda pada tahun ini dengan waktu pelaksanaan tanggal 14 – 16 Agustus 2023 dengan pendanaan dibantu oleh CSR dari berbagai stakeholder di Buleleng.

 

Pada tahun ini, Lomba Gerak Jalan tingkat SD dan SMP mengambil rute sepanjang 8 km dengan rincian satu pletonnya beranggotakan 17 orang mengambil lokasi depan GOR Bhuana Patra Singaraja. Sementara itu, yang umumnya setiap tahun diadakan gerak jalan dengan jarak 17 km, 45 km dan kocak akan digantikan dengan LKBB Variasi dengan hanya menyertakan peserta di tingkat SMA/SMK di Kabupaten Buleleng mengambil lokasi di area Tugu Singa Ambara Raja.

 

“Semua kegiatan serangkaian HUT RI ini telah bersinergi dengan berbagai stakeholder dengan begitu kita berharap acara akan berjalan lancar,”jelasnya.

 

Adapun mekanisme penilaiannya nanti untuk menjaga netralitas dan sportivitas maka dari Igornas sendiri sudah menentukan sebanyak 161 orang juri dan menggunakan sistem penjurian silang, jadi untuk GJ SD akan dinilai oleh guru dari SMP/SMA, GJ SMP akan dinilai oleh guru SD, sementara untuk LKBB nantinya akan ada tim penilai khusus.

 

Terkait jalur yang akan dilalui peserta untuk GJ SD dan SMP akan start mulai pukul 13.30 wita dengan melewati jalur Jl. Udayana – Jl. Ngurah Rai – Jln. Pramuka – Jl. Diponegoro – Jl. Erlangga – Jl. Imam Bonjol – Jl. Gajah Mada – Jl. Veteran – Jl. Pahlawan – Jl. Sudirman – Jl. A. Yani – Jl. Dewi Sartika – Jl. Udayana.

 

Dikarenakan peserta GJ SD karena jumlah peserta yang mendaftar terlampau banyak maka akan diputuskan untuk Finish Depan Gedung Kesenian Gde Manik di jalan Sebelah Utara, sementara itu, untuk GJ SMP ditetapkan Finish Depan GOR Bhuana Patra, sedangkan LKBB Variasi akan dimulai pukul 08.00 wita bertempat di sekitar Tugu Singa menuju jalan Gunung Agung belakang Kantor DPRD Buleleng.

 

"Untuk jalur GJ SD dan SMP sudah kita tentukan sama dengan tahun lalu, hanya saja berbeda dari LKBB Variasi saja, semua arus lalu lintas terkait kegiatan sudah diperhitungkan oleh dinas terkait untuk mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan para pengendara,"ucapnya.

 

Diakhir, Kadis Astika berharap terselenggaranya kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat persatuan dan kebersamaan masyarakat Buleleng semakin terjaga, meningkatkan disiplin dari peserta, serta dapat menyemarakkan perayaan HUT RI ke-78 sehingga semngat perjuangan lebih menggema di Gumi Panji Sakti.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER