Kodim 1611/Badung Beri Penyuluhan Cegah Radikalisme dan Terorisme

  • 23 Juli 2023
  • 15:55 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1333 Pengunjung
Kodim 1611/Badung Gelar Penyuluhan di Darmasaba Badung. foto : Kodim 1611/Badung

Badung, suaradewata.com - Kodim 1611/Badung menggelar penyuluhan tentang bahaya dan cegah paham radikalisme serta terorisme kepada masyarakat di Desa Darmasaba Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung, Sabtu, (22/07/2023). Penyuluhan yang ditunjukan bagi tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta perwakilan masyarakat ini dalam rangka pelaksanaan sasaran non fisik TMMD ke-117 Kodim 1611/Badung Tahun 2023.

Sebagai Narasumber yakni Pasiren Kodim 1611/Badung Kapten Arm Kadek Mahatma. Dalam penyampaian materinya Kapten Kadek mengatakan bahwa semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi digital memungkinkan tumbuh kembangnya paham radikal, bahkan sampai mengarah pada tindakan aksi terorisme secara nyata.

Lebih lanjut dibahas tentang perkembangan lingkungan strategis saat ini yang semakin komplek, bukan tidak mungkin terdapat kecenderungan paham-paham radikal disusupkan dari luar untuk memecah belah persatuan dan kesatuan negara Indonesia. 

"Maka dari itu kita harus senantiasa waspada, kita harus pintar dalam memilih dan memilah mana yang patut diikuti dan mana yang tidak, jangan sampai kita terbawa dan masuk kepada paham radikal yang muaranya dapat mengarah pada aksi terorisme," ungkap Kapten Arm Kadek Mahatma. 

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat guna mencegah paham tersebut masuk. Seperti contohnya memahami ilmu pengetahuan secara positif, saling menghormati antar umat beragama, menerima kemajemukan sebagai kekayaan bangsa serta menjadi agen dalam deteksi dini dan cegah dini paham radikal. 

Selain itu, kegiatan ini tentunya untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara TNI-Rakyat, hal ini untuk perkuatan pertahanan negara aspek darat dalam antisipasi masuknya paham radikalisme di wilayah Kodim 1611/Badung.

“Melalui kegiatan ini mari kita samakan pemahaman dengan pemikiran sebagai solusi terbaik untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar Negara”, tegasnya.

Lebih lanjut ditempat terpisah, Dandim 1611/Badung Letkol Arh Teguh Waluyo, S.I.P selaku Dansatgas TMMD menyebutkan bahwa dalam kegiatan TMMD ke-117 di Desa Darmasaba, pihaknya aktif melaksanakan penyuluhan-penyuluhan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat luas. 

"Karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah yang paling utama," ungkap Letkol Teguh. 

Hadir dalam kegiatan Pasiren dan Pgs Pasiter Kodim 1611/Badung, Babinsa, Kelian Adat dan Kelian Dinas Desa Darmasaba, Tokoh Agama/Adat/Masyarakat serta perwakilan masyarakat.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER