Unik, Menu Ini Cuma Ada di Tanah Lot Art and Food Festival 2023

  • 22 Juni 2023
  • 18:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1775 Pengunjung
ICA Tabanan saat menyiapkan hidangan Laklak Kuwir. (Ayu Trisna)

Tabanan, suaradewata.com - Jika Laklak yang diisi topping buah-buahan apalagi Laklak Puun sudah terlalu mainstream untuk disantap, Indonesian Chef Association (ICA) BPC Tabanan mencoba menyajikan suatu hal yang berbeda, yakni Laklan Kuwir. Sajian unik ini pertama kali dihadirkan untuk memeriahkan Tabanan Art and Food Festival IV Tahun 2023 yang dibuka secara resmi Kamis (22/6/2023) di areal DTW Tanah Lot, Desa Beraban, Kediri, Tabanan.

 

Wakil Ketua ICA BPC Tabanan, Putu Adhi Putra Negara, menjelaskan bahwa sajian kuliner ini, merupakan inovasi yang sengaja dihadirkan untuk memeriahkan ajang Tanah Lot Art and Food Festival ke-4 ini. "Laklak Kuwir ini adalah inovasi di bidang kuliner, kami menyajikan Laklak sebagai appetizer (hidangan pembuka) dengan citarasa gurih. Sedangkan umumnya rasa Laklak itu manis," terangnya.

 

Dan yang paling anti mainstream atau tidak biasa adalah topping dari Laklak itu yakni olahan daging Kuwir (entok) yang dimasak betutu. Kemudian disajikan bersama timbungan Ikan serta singkong goreng pedas manis. 

 

Menurutnya sajian ini juga merupakan representasi dari identitas Kabupaten Tabanan, yakni menggabungkan kuliner khas tradisional Tabanan bagian Utara (Laklak) dengan kuliner khas Tanah Lot, yakni Lawar Kuwir. 

 

"Menu Laklak biasanya merupakan menu dessert dengan citarasa manis karena disajikan dengan topping kelapa parut dan gula merah cair, tapi sekarang kita sajikan Laklak Kuwir akan memberikan sensasi rasa gurih yang sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka sehingga mampu menambah selera makan," sebutnya.

 

Sajian unik ini pun disajikan untuk tamu undangan pada pembukaan festival dan akan disajikan secara gratis untuk para pengunjung selama berlangsungnya festival. 

 

Sehingga hal ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat untuk mengunjungi festival dan merasakan kelezatan kuliner-kuliner yang disajikan.

 

Disamping kehadiran dari ICA Tabanan, Tanah Lot Art and Food Festival IV juga seperti biasa dimeriahkan oleh stand-stand UMKM dan kuliner yang tak kalah menggugah selera. Serta tak ketinggalan hiburan seni dan budaya yang juga tak boleh dilewatkan. Jadi warga Tabanan wajib datang ke Tanah Lot Art and Food Festival IV yang akan berlangsung hingga 25 Juni 2023 nanti. ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER