Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan, MK RI Beri Kuliah Umum di Universitas Mahasaraswati

  • 10 Juni 2023
  • 17:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1865 Pengunjung
akultas Hukum Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia mengadakan kuliah umum dengan tema “Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kampus, Tantangan dan Solusi”, Sabtu (10/6/2023).foto IST

Denpasar, suaradewata.com – Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia mengadakan kuliah umum dengan tema “Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kampus, Tantangan dan Solusi”, Sabtu (10/6/2023).

Adapun narasumber dalam kuliah umum tersebut adalah Prof Dr Arief Hidayat.S.H.,M.S mantan ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia periode 2015-2017 dan Prof Dr Enny Nurbaningsih.S.H.,M.Hum seorang Hakim Konstitusi Perempuan di Indonesia, serta Dekan Fakultas Hukum Dr. Ketut Sukawati P Perbawa.S.H.,M.Hum mendampingi sebagai moderator. Peserta kuliah umum dihadiri oleh Rektorat beserta jajaran, seluruh Dekan di lingkungan Unmas Denpasar, LPPM, LPMI, dan 250 orang mahasiswa dari 7 Fakultas yang ada di Unmas Denpasar.

Prof Dr Enny Nurbaningsih.S.H.,M.Hum seorang Hakim Konstitusi mengatakan jika kuliah umum ini merupakan salah satu kegiatan sosialisasi MK dalam rangka membumikan konstitusi dan Pancasila. “Tidak hanya di Unmas tapi hampir diseluruh perguruan tinggi kami melakukan sosialisasi ini berkaitan dengan Pancasila maupun konstitusi,” ujarnya.

Pihaknya pun berharap generasi muda penerus bangsa dapat selalu memahami apa itu Pancasila, UUD, serta yang paling penting adalah cara untuk mengimplementasikannya.

Sementara itu, selaku Dekan Fakultas Hukum, Lanang Perbawa mengucapkan terima kasih kepada Mahkamah Konstitusi yang sudah mau berbagi ilmu dalam kuliah umum yang digelar oleh pihaknya. Menurutnya konstitusi merupakan bagian dari bangsa dan Negara. “Terlebih sekarang ini sudah menjelang Pemilu, sehingga pencerahan dan ilmu tentang kebangsaan sangatlah penting,” tegasnya.

Ditambahkannya jika kerjasama kuliah umum ini sudah berjalan sejak tahun 2021 silam dan akan rutin dilakukan. “Semoga mahasiswa mendapatkan pemahaman dan pendalaman Pancasila baik itu dosen, mahasiswa, hingga civitas akademika,” tandasnya. ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER