Survei Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul di Banyak Daerah

  • 08 Juni 2023
  • 13:50 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1717 Pengunjung
Ilustrasi, Foto/Sumber: Google

Opini, suaradewata.com- Survei nilai elektabilitas yang dimiliki oleh Capres 2024 Ganjar Pranowo masih yang paling unggul dan menjadi di posisi teratas, terutama di provinsi yang memiliki populasi pemilih terbesar di Indonesia, yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah.

 

Lembaga Survei LSI Denny JA merilis sebuah hasil survei terbaru yang telah mereka lakukan mengenai elektabilitas yang dimiliki oleh para Calon Presiden (Capres) yang hendak berkontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang. Survei tersebut dilakukan di beberapa daerah dengan populasi pemilih terbesar di Indonesia, yang mana kemudian menunjukkan bahwa nama Ganjar Pranowo terus menjadi yang paling unggul.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) tersebut berhasil mengungguli nama calon presiden lainnya di sebanyak 2 (dua) provinsi yang berbeda di Tanah Air.

Sebagai informasi, survei tersebut digelar pada periode tanggal 3 hingga 14 Mei 2023 dengan melibatkan sebanyak 1.200 responden, kemudian sampel survei yang diambil adalah dengan menggunakan metode multi-stage random sampling. Untuk metode survei yang dipakai sendiri adalah dengan melakukan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margon of error kurang lebih pada angka 2,9% (persen).

Elektabilitas yang dimiliki oleh Capres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut, terus mencetak keunggulan dan berada pada posisi teratas mengalahkan nama lainnya di Jawa Timur (Jatim) dengan perolehan 35,3% (persen) untuk Ganjar Pranowo, disusul oleh Prabowo Subianto dengan angka 20,2% (persen) dan Anies Baswedan yang hanya senilai 8,2% (persen) saja.

Di Jawa Tengah (Jateng), jumlah pemilih yang akan memilihnya bahkan hingga mencapai lebih dari setengah, yakni sampai pada angka 55,2% (persen), kemudian Prabowo Subianto pada peringkat kedua dengan angka 20,4% (persen) dan Anies Baswedan hanya 4,3% (persen) saja.

Mengenai hasil survei tersebut, Pembicara LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan bahwa nama Ganjar Pranowo unggul dan terus menjadi yang teratas di area Jawa Timur dan Jawa Tengah. Hal itu dikarenakan memang secara khusus lumbung suara yang berada di kedua Provinsi tersebut selama ini memiliki basis kuat dari para relawan pendukung Jokowi.

Areal Jatim dan Jateng memang didominasi oleh nama Ganjar Pranowo, karena pendukungnya yang sangat banyak di sana. Terlebih dengan dukungan yang senantiasa diberikan oleh para relawan Jokowi.

Mengenai bagaimana banyaknya dukungan yang diberikan oleh para relawan Jokowi dan Gibran kepada Ganjar, PDIP tidak tinggal diam dan terus berupaya untuk melakukan konsolidasi kepada para relawan tersebut, termasuk kepada suara akar rumput terkait dengan calon presiden (Capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

Terkait adanya konsolidasi yang terus diupayakan tersebut, Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 PDIP, Deddy Sitorus menyatakan bahwa sebanyak 98% (persen) seluruh Relawan Jokowi terus berada di kubu Ganjar Pranowo.

Bukan tanpa alasan, mengapa dukungan tersebut dilakukan, Relawan Mitra Ganjar kemudian menyebutkan bahwa memang nama Bacapres dari PDIP menganggap bahwa sosok Gubernur Jawa Tengah itu memang dianggap yang paling mampu untuk terus melanjutkan berbagai macam visi dan misi hingga banyak program pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya.

Sehingga, dengan kemampuan untuk melanjutkan program pembangunan yang terus berjalan di era kepemimpinan Presiden Jokowi itu, tentunya msyarakat juga menjadi sangat butuh sosok pemimpin yang demikian karena demi menyongsong Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

Nama Ganjar Pranowo sendiri merupakan putra terbaik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia saat ini, karena hanya di tangan pemimpin seperti dirinya maka Indonesia akan mampu terus mewujudkan visi besar dari NKRI, yakni masyarakat yang adil, kemudian kemakmuran masyarakat juga akan terjamin, serta kesejahteraan yang dimiliki oleh masyarakat pun juga akan terus meningkat dengan semangat gotong royong berdasarkan dengan nilai falsafah Pancasila.

Terus mencetak keunggulan di berbagai lembaga survei, nilai elektabilitas yang dimiliki Ganjar Pranowo tidak bisa diragukan lagi, karena dirinya dianggap menjadi sosok yang paling memungkinkan untuk terus melanjutkan program pembangunan dari Presiden Jokowi.

Abdilah Abqari Agam, Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER