IMBASADI 2023, Undiksha Kembali Raih Juara Umum

  • 06 Juni 2023
  • 17:30 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1543 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja kembali menjadi juara umum dalam kompetisi serangkaian Sarasehan Nusantara X Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia (IMBASADI) 2023 dengan pelaksana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang. 

 

Pada ajang yang berlangsung dari 29 Mei sampai 1 Juni 2023 itu, kontingen Undiksha yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Bali Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni berhasil menorehkan juara pada enam bidang perlombaan. Diantaranya

sebagai Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan peserta terdiri atas Ni Komang Juni Anti dan Ni Luh Listya Purnami, Juara Favorite pada Lomba Tipografi yang diikuti oleh Ida Ayu Made Yulia Rastuti, Juara I dan Juara Favorite pada Lomba Video Dokumenter Tradisi yang diikuti oleh I Made Joniarta, Ni Komang Juni Anti, Desak Made Dian Widianingsih, dan Ni Luh Listya Purnami, Juara I dan Juara Favorite Lomba Poster Tradisi yang diikuti oleh I Made Joniarta. 

 

Selain lomba tersebut, prestasi juga dipersembahkan melalui Lomba Cover Lagu Pop Daerah. Lomba ini diikuti oleh Desak Made Dian Widianingsih dan berhasil menyabet Juara I. Pada ajang Pemilihan Putra Putri Imbasadi, Luh Putu Dian Tristyanti berhasil meraih Runner Up II kategori Putri Imbasadi dan Ketut Teguh Virgiawan berhasil meraih Runner Up I kategori Putra Imbasadi.

 

Koordinator kontingen, Desak Made Dian Widianingsih menyampaikan perlu sekitar satu bulan untuk melakukan persiapan menghadapi ajang tahunan ini. 

 

“Kami juga harus mempersiapkan sebuah pentas pagelaran yang pada saat itu menampilkan drama musikal untuk penampilan masing-masing universitas saat acara pembukaan,” tuturnya.

 

Terhadap prestasi yang diraih, ia bersama peserta lainnya mengaku sangat bangga dan sekaligus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas diri. 

 

“Tentu raihan prestasi ini tidak terlepas dari dukungan prodi, jurusan, fakultas, dan universitas,” imbuhnya. 

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat, dan Alumni Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd yang mewakili Rektor memberikan apresiasi atas raihan prestasi ini. 

 

“Kami sangat bangga Undiksha yang diwakili oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Bali kembali berhasil meraih juara umum,” ungkapnya. 

 

Disampaikan lebih lanjut, prestasi ini juga memberikan kontribusi terhadap Sistem Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Undiksha di tingkat nasional. 

 

“Prestasi ini juga penting bagi mahasiswa. Ini bisa digunakan untuk melengkapi capaian akademik. Kami berharap mahasiswa Undiksha semakin semangat mengikuti kompetisi dan mampu berprestasi,” pungkasnya.

 

Selain tahun 2023, pada Sarasehan Nusantara VIII IMBASADI tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Program Studi Sastra Batak, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara, Undiksha juga berhasil menjadi juara umum. sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER