Mengapresiasi Dukungan Gen Z dan Milenial terhadap Ganjar Pranowo

  • 05 Juni 2023
  • 20:15 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 3286 Pengunjung
Ilustrasi, Foto/Sumber: Google

Opini, suaradewata.com- Pemberian dukungan secara penuh dari para generasi milenial atau gen Z kepada sosok Capres Ganjar Pranowo, khususnya di Cirebon dan Jakarta merupakan sebuah hal yang sangat baik dan dibutuhkan untuk terus menjaga asas demokrasi berjalan di Indonesia. Karena mereka merasa bahwa seluruh kebutuhan dan keperluan mereka benar-benar bisa didengarkan oleh Gubernur Jateng tersebut sehingga dicarikan pula bagaimana solusi terbaik untuk permasalahan yang dialami oleh para pemuda itu.

 

Calon Presiden (Capres) yang diajukan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo mengungkapkan sebuah strategi kampanye yang akan digunakan dalam pertarungan pada pesta demokrasi dan kontestasi politik, Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Strategi yang akan digunakan oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dalam melaju pada pertarungan politik itu adalah, terus bersinergi dengan tim relawan dan memulai pendekatan bahkan dari basis komunitas masyarakat yang kecil terlebih dahulu.

Bukan hanya menargetkan basis komunitas masyarakat kecil terlebih dahulu saja, melainkan calon presiden 2024 tersebut juga akan melakukan berbagai pendekatan isu yang memiliki hubungan erat dengan masing-masing generasi. Kemudian, dalam Pemilihan Umum (Pemilu) pada tahun 2024 mendatang, rencananya akan terus dibidik generasi muda atau gen Z agar bisa menjadi lumbung suara untuk memenangkan Ganjar Pranowo.

Memang menjadi sangat penting untuk bisa melakukan pendekatan dengan isu yang menyesuaikan dengan berbagai generasi di seluruh kalangan masyarakat Tanah Air. Pasalnya, untuk para generasi muda gen Z sendiri bisa dikatakan bahwa mereka tidak ingin suatu komunitas atau pembahasan yang hanya terkait politik saja, melainkan justru para generasi milenial tersebut juga mendambakan suatu komunitas untuk bisa berekspresi pada berbagai hal yang positif, seperti ruang membaca, komunitas gaming hingga dalam dunia tari.

Para generasi muda yang memang selama ini tumbuh dan berkembang dalam pesatnya era dunia digital, termasuk gaming tersebut, memang memiliki permasalahan mereka tersendiri sehingga sangat penting untuk bisa memberikan sebuah solusi yang konkret dan sesuai dengan kebutuhan komunitas gaming itu.

Beberapa model kampanye yang terus menyesuaikan dengan kebutuhan komunitas atau generasi yang hendak dituju tersebut, memang sampai saat ini terus dipersiapkan oleh tim relawan dan pemenangan atau tim sukses (timses) Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 mendatang.

Pendekatan dengan menggunakan strategi tersebut diberikan nama nano strategic, karena lebih berfokus kepada komunitas dengan basis yang lebih kecil, sehingga seluruh strategi yang dilakukan benar-benar jauh lebih solutif.

Peranan para generasi milenial atau gen Z tersebut sama sekali tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini mereka terus memberikan sumbangsih yang cukup signifikan dan juga penting bagi keberlangsungan bangsa, utamanya adalah dalam konteks sirkulasi pergantian kepemimpinan dalam Pemilu mendatang.

Bahkan, para generasi milenial atau gen Z tersebut sudah banyak memberikan masukan kepada Ganjar Pranowo. Masukan tersebut adalah sebuah pandangan bahwa ternyata sejauh ini, generasi muda jauh lebih rentan untuk mengalami kondisi stress sehingga mereka membutuhkan bantuan dari pihak konseling.

Kemudian, mengetahui bahwa fakta di lapangan menunjukkan kalau para generasi milenial atau genz Z tersebut bisa dikatakan sangat rentan untuk mengalami kondisi stress dan membutuhkan bantuan konseling, maka PDIP langsung berupaya untuk memberikan layanan konseling guna manajemen stress kepada masyarakat terkait.

Lebih lanjut, Capres yang juga merupakan kader dari partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut, selama ini lebih banyak melakukan diskusi dengan berbagai komunitas lokal lainnya. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan sebuah gambaran, mengenai bagaimana kondisi masyarakat, yang kemudian nantinya setelah mendapati gambaran dengan jelas akan ditemui sebuah solusi yang sangat konkret dan benar-benar dibutuhkan sesuai dengan pemecahan berbagai masalah yang ada di masyarakat tersebut.

Memang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap calon presiden ataupun para peserta Pemilu 2024 mendatang, termasuk PDIP dan Ganjar Pranowo sendiri, yakni bagaimana bisa menggaet para generasi milenial atau Gen Z tersebut, utamanya adalah upaya untuk semakin menumbuhkan kesadaran akan pentingnya partisipasi politik secara aktif kepada mereka.

Partisipasi aktif dalam dunia politik yang dilakukan oleh para generasi milenial atau gen Z tersebut merupakan sebuah upaya untuk terus menjaga asas demokrasi agar bisa diterapkan di Indonesia.

Bisa dikatakan pula bahwa para generasi muda itu merupakan sebuah generasi yang sangat mengikuti perkembangan PDI Perjuangan, karena mereka yang lahir pada tahun 1996, yang mana merupakan tahun bagaimana partai itu benar-benar memperjuangkan nilai demokrasi di Tanah Air.

Para generasi milenial atau gen Z memberikan dukungan mereka secara penuh kepada sosok Capres 2024 Ganjar Pranowo. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah terselenggaranya acara Ganjar Pranowo dan Gen Z di Cirebon hingga Jakarta. Bagaimana tidak, pasalnya beliau merupakan sosok pemimpin yang benar-benar mampu beradaptasi dengan segala perkembangan jaman, hingga terus berupaya untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan para generasi muda Indonesia. Tentunya hal tersebut patut mendapatkan apresiasi yang luar biasa sebagai pemimpin ideal untuk masa depan bangsa ini yang jauh lebih baik ke depannya.

Astrid Natasha, Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER