Arif Nur Alam Meminta, Bawaslu Inovatif dan Kolaboratif Hadapi Potensi Pelanggran Pemilu

  • 03 Juni 2023
  • 14:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2058 Pengunjung
Arif Nur Alam, Direktur Eksekutif Indonesia Budget Center (IBC)

Tabanan, suaradewata.com- Direktur Eksekutif Indonesia Budget Center (IBC) Arif Nur Alam dalam Hadapi Potensi Pelanggran Pemilu " Pengawas Pemilu Harus Lakukan Upaya Inovatif Dan Kolaboratif", di Dewi Sinta Tanah Lot Tabanan, sabtu 3 Juni 2023. 

 

Dalam Tahapan Pencalonan Bakal Calon Anggota DPRD tingkat Kabupaten, serta Daftar Pemilih yang berlangsung secara berhimpitan, jajaran Panwaslu Kecamatan harus bisa mengupayakan pencegahan yang maksimal, karena dua tahapan tersebut yang berpotensi besar untuk terjadi pelanggaran pemilu. Arif Nur Alam menegaskan dihadapan Pengawas Pemilu Kecamatan Se-Kabupaten Tabanan dan dihadir juga komisioner Bawaslu Tabanan serta Angota KPU Kabuapten Tabanan, I Wayan Sutama Hal pada Rapat Penyelenggaraan Penganan Pelanggaran Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, serta Anggota DPR, DPD, dan DPRD. 

 

Arif menuturkan, Berkaitan dengan tahapan yang telah berjalan, jajaran Pengawas bisa mempetakan dengan menyusun kalender pengawasan, baik tahapan pencalonan maupun data pemilih, karena dengan memetakan potensi dan titik krisis kemungkinan terjadinya pelanggaran pemilu, bisa mengambil langkah-langkah strategis dalam melakukan pencegahan.

 

Penyelenggara pemilu "KPU dan Bawaslu harus bergandeng tangan serta solid bergerak bersama, agar tidak ada pihak pihak yang memanfaatkan ketidaksolidan sebagai penyelenggara untuk kepentingan pribadi atau golongan", Ucap Arif.

 

Sebagai pengawas pemilu melakukan tugas-tugas dengan maksimal pengawasan dalam seluruh tahapan. Oleh krena itu, pada Tahapan verifikasi Bakal Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 untuk mengawasi calon-calon pemimpin yang memiliki kapabilitas, berintegritas serta berkualitas untuk masyarakat, jajaran pengawas harus melakukan upaya-upaya inovatif serta kolaboratif,’’ Jelas Arif yang juga Ketua Indonesia Budget Centre tersebut.

 

Untuk mewujudkan pemilu bersih dan berintegritas sejatinya menjadi komitmen tinggi bagi seluruh stakeholders penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan pemilih untuk secara bersama-sama mengawal dan memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan bersih. ‘’Pemilu 2024 adalah ajang pertaruhan kredibilitas dan ketangguhan sebagai negara dan bangsa yang besar dan kuat’’. Tutupnya.rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER