Ketua Dewan Bangli Siap Fasilitasi Penanggulangan Pembagian Air Secara Bergilir

  • 23 Mei 2023
  • 23:20 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1013 Pengunjung
Ketua Dewan Bangli I Ketut Suastika Siap Fasilitasi Penanggulangan Pembagian Air Secara Bergilir

Bangli, suaradewata.com - Belum optimalnya pelayanan yang diberikan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta khususnya di kecamatan Tembuku, tak luput menjadi sorotan tajam Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika. Pasalnya, disejumlah dusun di kecamatan paling timur Bangli ini, masih menerapkan pola bergilir untuk pendistribusian air bagi pelanggan. Hanya saja, sejauh ini penerapanya belum dilakukan secara konsisten.  Untuk itu, Dewan Bangli mengaku siap memfasilitasi anggaran untuk penanggulangan persoalan tersebut. 

Menurut Ketut Suastika, salah satu contoh yang masih menerapkan pola bergilir. Yakni, wilayah dusun Kubusuwih, Tingas dan Sidaparna. "Masyarakat sejatinya tidak mempermasalahkan diterapkanya pola tersebut. Namun masyarakat berharap pihak Perumda konsisten dalam penerapan pola bergilir tersebut. Yakni, waktu dan hari air mengalir tidak berubah-ubah. Selain itu  efektifnya air mengalir hingga pukul 20.00 wita, ”kata Ketut Suastika, Selasa (23/5/2023).

Lanjut Politisi PDIP asal Desa Peninjoan, Tembuku ini, pihaknya juga memaklumi kondisi tersebut terjadi lantaran  kapasitas debit sumber mata air yang tidak mencukupi. Disamping itu, karena acap kali terjadi kebocoran pipa. Menyikapi  masalah klasik ini, pihaknya telah meminta pihak Perumda membuat kajian teknis. "Dalam membuat kajian harus didukung tenaga profisional di bidangnya,  sehinga hasilnya diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi selama ini," ujar Suastika.

Sementara terkait masalah anggaran untuk menunjang peningkatan  pelayanan, pihaknya mengaku siap untuk memfasilitasi. "Kami di dewan tentunya siap memfasilitasi dari sisi anggaran. Apalagi air merupakan kebutuhan pokok yang  harus terpenuhi,” pungkas Suastika.  Ard/red

 

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER