Obyek Wisata Tirta Empul Pasca Pandemi Covid-19 Ramai Dikunjungi Wisatawan

  • 18 April 2023
  • 16:30 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1991 Pengunjung
Bandesa Adat Desa Manukaya, I Made Mawi Arnata. SD/gus

Gianyar, suaradewata.com - Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia selama 2 tahun lebih menyebabkan terperosoknya pariwisata. Termasuk obyek wisata Pura Tirta Empul yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Namun kini setelah pencabutan status pandemi oleh pemerintah, obyek wisata yang bersebelahan dengan Istana Tampaksiring ini dikunjungi ribuan wisatawan setiap harinya.

Hal tersebut dikatakan oleh pengelola obyek wisata Pura Tirta Empul, I Made Mawi Arnata, Selasa (18/4/2023). Katanya, semenjak kelonggaran aturan perjalanan wisata dan pasca pencabutan status pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara ke Pura Tirta Empul meningkat drastis. "Kunjungan wisatawan domestik maupun asing setiap hari mencapai 2000 sampai 2500 orang," kata Mawi Arnata yang juga Bandesa Desa Adat Manukaya ini.

Namun dibalik meningkatkan kunjungan wisatawan ke obyek wisata Pura Turta Empul tentunya ada banyak hal negatif yang membarengi. Seperti halnya gangguan keamanan, berita palsu/hoax yang beredar di media sosial terkait obyek wisata Tirta Empul. "Hal ini akan berdampak bagi kenyamanan wisatawan yang akan berkunjung ke Tirta Empul," sebutnya. 

Untuk itu, dirinya sebagai pengelola obyek wisata Tirta Empul dan juga Bandesa telah mengoptimalkan peran pecalang untuk membantu tugas Kepolisian untuk menjaga keamanan di obyek wisata Tirta Empul. Selain itu juga, mengupayakan menyebarkan informasi yang benar di media sosial untuk mengantisipasi hoax yang beredar di media sosial oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. "Kami upayakan mengedepankan kenyamanan dan keamanan wisatawan agar situasi kamtibmas tetap kondusif. Tidak terpancing dengan isu-isu di media sosial," ujarnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER