Tingkatkan Kualitas Konsumsi Pangan, Pemkab Bangli Gelar Lomba Cipta Menu Berbasis Sumber Pangan Lok

  • 16 Mei 2023
  • 19:55 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1520 Pengunjung
Bupati Bangli saat membuka dan meninjau pelaksanaan Lomba Cipta Menu Berbasis Sumber Pangan Lokal, Senin (15/5).

Bangli, suaradewata.com - Serangkain HUT Kota Bangli ke 819, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli menyelenggarakan lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber pangan lokal. Lomba dibuka Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta di sisi barat alun-alun Kota Bangli, Senin (15/5/2023) pagi. Hadir juga saat itu, Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli, serta undangan lainnya.

 

Kepala Dinas PKP Kabupaten Bangli, I Wayan Sarma dalam laporannya menyampaikan, tujuan lomba cipta menu pangan lokal ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal. "Selain itu juga untuk mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu berbasis sumber daya lokal serta bernilai komersial," ujarnya.

 

Pihaknya menambahkan dalam lomba kali ini, menu yang dilombakan dengan kategori : makanan pembuka, makanan pokok dan makanan penutup dengan pilihan kategori untuk menu anak dan menu dewasa yang bersumber dari pangan lokal. "Jumlah peserta 10 kelompok, berasal dari unsur masyarakat, siswa SMK yang ada di Kabupaten Bangli, dan dari Kelompok Wanita Tani (KWT)," ungkapnya. 

 

Untuk para juri, lanjut dia, berasal dari komunitas Indonesia Chef Asosiatian (ICA) Kabupaten Bangli, Dinas kesehatan, dari unsur PKK Kabupaten Bangli. Kepada para pemenang ditiap kategori akan diberikan hadiah uang yaitu Juara 1 Rp.2.500.000,- ,juara 2 , Rp1.500.000, dan juara 3 Rp 1.000.000,- serta piagam.

 

Sementara Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman bermutu, dan bergizi seimbang sesuai yang diamanatkan oleh Undang Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi. "Pemerintah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat," sebutnya.

 

Bupati menambahkan, seperti diketahui pemenuhan kebutuhan pangan seyogyanya tidak hanya ditekankan pada aspek kuantitas. Tetapi juga memperhatikan kualitasnya termasuk keragaman pangan dan keseimbangan gizi. "Keragaman dan keseimbangan konsumsi pada tingkat keluarga akan menentukan kualitas konsumsi dan individu, asupan makanan sesuai dengan prinsip konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)," sebutnya.

 

Karena itu, pihaknya menilai kegiatan semacam ini adalah salah satu untuk merubah pola pikir masyarakat akan pentingnya bahan sumber karbohidrat komplek non beras. Seperti, umbi - umbian dan produk olahan jenis kue /makanan melalui upaya pemberdayaan wanita untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga, dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan keluarga. "Melalui Lomba Cipta Menu Pangan Lokal ini, saya harapkan bisa meningkatkan kualitas konsumsi pangan lokal di Kabupaten Bangli," pungkasnya.ard/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER