PKM Politeknik Negeri Bali di Banjar Jeroan, Patemon, Seririt, Singaraja.

  • 15 Mei 2023
  • 15:50 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1852 Pengunjung

Singaraja, suaradewata.com- Dosen, PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) dan mahasiswa Program Studi TRU (Teknologi Rekayasa Utilitas), TPTU (Teknik Pendingin dan Tata Udara) dan Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) reguler di Banjar Jeroan, Desa Patemon, Kecamatan Seririt, Kabupaten Singaraja pada hari Minggu tanggal 14 Mei 2023. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan survei lokasi dan identifikasi kebutuhan masyarakat pada tanggal 2 Mei 2023 untuk Program Studi (Prodi) TRU dan dan pada tanggal 10 Mei untuk Prodi PTU dan Prodi TM.

 

Dawali dengan pembukaan, kata sambutan dan pengantar dari Ketua Panitia, Kelian Adat, Kaprodi TPTU, Kaprodi TRU, Kaprodi T.Mesin, kemudian kegiatan PkM dilanjutkan dengan penyerahan kontribusi PkM dan Pelatihan Keterampilan. Ketua Panitia Pelaksana PkM Prodi TRU – Dr.Eng. Ir. IGAB Wirajati, ST, M.Eng, Prodi TPTU - I Wayan Temaja, ST, MT dan Prodi T.Mesin - I Made Anom Adiaksa, A.Md.,ST., MT., mengatakan program PkM ketiga prodi di Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali, merupakan salah satu wujud kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan secara reguler. Lebih lanjut kata Panitia Pelaksana, “Pada periode semester genap tahun ajaran 2022/2023 ini, kegiatan PkM diimplementasikan di Banjar Jeroan, Patemon, Seririt, Singaraja dalam bentuk kontribusi peralatan Chafing Dish, Kompor Gas, Chest freezer dan Lampu penerangan jalan tenaga surya serta pelatihan keterampilan penerapan K3 dalam penggunan ,Chafing Dish dan Kompor Gas untuk ibu-ibu PKK dan pemanfaatan Chest Freezer dalam pengawetan olahan daging untuk Juru Pebat Lanang (Tukang Masak Adat Laki-laki) serta penerapan lampu tenaga surya untuk mendukung kegiatan kemasyarakatan. Peralatan dan keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh Warga Banjar Jeroan dalam melaksanakan kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan”. Ketua Jurusan Teknik Mesin, Dr. Ir. I Gede Santosa, M.Erg, dalam sambutannya menekankan kepada masyarakat atau warga banjar Jeroan agar dapat memanfaatkan dan menggunakan perangkat Chafing Dish dengan aman dan sesuai dengan kebutuhan kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan di banjar. “Penyajian makanan untuk konsumsi upacara keagamaan harus mampu dilakukan dengan lebih bersih, higienis dan artistik”, jelasnya. berharap dengan kontribusi Chest Freezer dan pelatihan pengawetan olahan daging dalam PkM ini, masyarakat Banjar Jeroan dapat mengolah dan menyimpan daging dengan terampil, bersih, aman dan sehat untuk kebutuhan Yadnya dan konsumsi kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan. Disisi lain, sambutan Pembantu Direktur 1 bidang Akademik Politeknik Negeri Bali, A.A.Ngurah Bagus Mulawarman, ST, MT, mengatakan pentingnya penerangan jalan dengan tenaga surya sebagai bagian dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat banjar Jeroan dalam melakukan aktifitas di sore menjelang malam hari.

Dari masyarakat Banjar Jeroan yang disampaikan oleh Kelian Adatnya I Gusti Bagus Wijaputra menunjukkan rasa gembira dan penuh puji syukur atas kontribusi dan pelatihan yang diberikan dalam kegiatan PkM ini. “Kami juga sangat mengapresiasi karena telah dipilihnya banjar kami sebagai tempat kegiatan PkM dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan semoga kegiatan PkM semacam ini terus dapat dilaksanakan karena mampu memberikan dampak positif untuk kemajuan masyarakat Banjar Jeroan dalam melaksanakan Upacara Yadnya atau Keagamaan dan kegiatan kemasyarakatan lainnya”, imbuhnya.Penyerahan kontribusi peralatan Chafing Dish, Chest Freezer dan Lampu Tenaga Surya dilakukan secara formal kepada Ketua PKK dan Kelian Adat Banjar Pacung oleh Kaprodi TRU, TPTU dan TM disaksikan oleh Dosen, PLP, mahasiswa dan warga banjar bertempat di Bale Pertemuan Banjar Jeroan, Desa Patemon. Di tempat yang sama juga dilakukan pelatihan keterampilan penerapan K3 dalam penggunaan Chafing Dish dan Kompor Gas untuk ibu-ibu PKK diberikan oleh Ir. I Nyoman Gede Baliarta dan pelatihan pemanfaatan Chest Freezer dalam pengawetan olahan daging serta pelatihan penggunaan lampu tenaga surya. 

Akhirnya dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan rasa kebersamaan, kegiatan PkM Prodi TRU, TPTU dan TM Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali di Banjar Jeroan, Desa Patemon, Seririt, Buleleng ditutup oleh Ketua Panita dilanjutkan dengan ramah-tamah dan foto bersama.rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER