Jadi Ajang Adu Kreativitas, Ratusan Penjor STT Meriahkan HUT Bangli

  • 10 Mei 2023
  • 13:45 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1491 Pengunjung
Suasana kota Bangli dengan ratusan Penjor serangkaian HUT Bangli ke-819, Selasa (9/5). SD/Ist 

Bangli, suaradewata.com - Salah satu rangkaian kegiatan HUT Bangli ke-819 yang cukup menarik adalah lomba Penjor. Pasalnya, adu kreativitas pembuatan Penjor kali ini melibatkan ratusan STT desa adat di seluruh Bangli. Tujuannya, selain untuk melestarikan adat dan budaya di kalangan generasi muda, juga untuk meningkatkan semangat gotong royong di kalangan generasi muda. 

Ketua Panitia HUT Bangli ke-819,  Dewa Agung Putra Suryadarma mengatakan  lomba penjor diikuti oleh seluruh Sekaa Teruna Teruni (STT)  di Kabupaten Bangli yang jumlahnya mencapai 150  lebih.  “Dalam perayaan HUT Kota Bangli kita berkomitmen untuk melestarikan adat dan budaya, khususnya membuat penjor.  Lewat lomba ini kita harap lahir  kreatifitas, semangat kebersamaan para generasi muda, untuk menumbuhkan rasa memiliki sehingga bisa memiliki rasa jengah  membangun kabupaten Bangli lebih baik lagi,” ujar Suryadarma, Selasa (9/5/2023).

Pihaknya juga mengakui animo masyarakat mengikuti lomba Penjor dalam HUT tahun ini, jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Terbukti, pemasangan penjor saat ini dilakukan hingga selatan SPBU kota Bangli sampai Utara alun-alun Bangli. Malahan ada peserta yang sebelum mengambil nomor urut sudah melakukan pemasangan Penjor.  Karena itu, pihak panitia mengaku sempat kewalahan membuat lubang untuk pemasangan Penjor. 

Sementara Ketua STT Roban Daha,  Desa  Batur, Kintamani, I Ketut Sukastra sangat mengapresiasi kegiatan yang di gelar Pemkab Bangli. “Dalam proses pembuatan penjor  kami berkreasi dan meningkatkan rasa kebersamaan bagi generasi muda. Terbukti,  sejak mulai membuat penjor generasi muda bahu membahu bekerjasama untuk membuat penjor sampai pada pemasangan,” ucapnya.

Dirinya berharap  agar tim juri melakukan penilaian secara objektif. Dengan demikian hasilnya nanti bisa diterima semua pihak. "Kita harapkan juga lomba seperti dilakukan secara  berkesinambungan dengan melibatkan kalangan generasi muda," tandasnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER