Bupati Tamba Hadiri Ngaben Masal Di Banjar Kaliakah.

  • 06 Mei 2023
  • 13:30 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1396 Pengunjung

Jembrana, Suaradewata com- Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri upacara Pitra Yadnya (Ngaben) Masal 

Bertempat di Banjar Kaliakah, Kecamatan Negara, Rabu, (3/4). Upacara Ngaben Masal tersebut diselenggarakan oleh Griya Wijaya Kusuma Kaliakah yang diikuti oleh 125 sawe yang melaksanakan Ngaben, Mukur 71, Ngelungah 54 dan acara tersebut juga dirangkaikan dengan Upacara metatah yang diikuti 15 orang.

Bupati I Nengah Tamba dalam kesempatannya memberikan apresiasi positif dan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan untuk melaksanakan yadnya bersama-sama sebagai wujud dharmaning Leluhur.

"Mari jaga kerukunan dan semangat gotong-royong dengan niat tulus ikhlas, agar upacara Pitra Yadnya ini berjalan lancar," ungkapnya.

Dalam kegiatan itu Bupati Tamba menyerahkan punia senilai Rp. 5 Juta kepada Ketua Panitia Ngaben Masal Griya Wijaya Kusuma.

"Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Jembrana atas terselenggaranya ngaben masal ini serta sebagai wujud bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa," ujar Tamba.

Lanjut, Pihaknya mengapreasi kegiatan yang dianggapnya sangat luar biasa, menurutnya terlaksananya Ngaben Masal yang diprakarsai Griya Wijaya Kusuma sangat membantu masyarakat juga sekaligus membatu pemerintah daerah.

"Tityang Matur Suksma Ring Ida Pandita Empu Sri Rastrada, napi sane keicen ida mangkin untuk masyarakat semoga dibalas, mogi-mogi Hyang Widi Wasa Ngicen kesehatan, kerahayuan melalui doa masayarakat sami," tutup Tamba.

 

 

Ketua Panitia Ngaben Massal Putu Eka Juniarta menjelaskan, ngaben massal kali ini mengikutsertakan 125 sawe terdiri atas Ngaben, Mukur 71, Ngelungah 54 dan metatah diikuti 15 orang, kepada warga yang mengikuti upacara ngaben massal sepakat mengeluarkan dana yang jumlahnya bervariasi, tergantung tingkatan ngaben.

"Untuk ngaben sepakat mengeluarkan biaya masing-masing Rp 2,5 juta, ngelungah 500 ribu. Kegiatan ngaben masal ini dilakukan secara periodik setiap 3 tahun sekali," ungkap Eka Juniartadep/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER