Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

TOP.ID Gadget dan Aplikasi Canggih Besutan Papua Youth Creative Hub Binaan BIN

  • 19 Maret 2023
  • 22:40 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1316 Pengunjung
Ilustrasi, Foto/Sumber: Google

Papua, suaradewata.com- Anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan BIN mengembangkan gadget sendiri dengan nama brand TOP.ID. TOP.ID sendiri merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia.

Gadget dengan Brand TOP.ID ini akan diluncurkan secara resmi pada peresmian PYCH, 21 Maret 2023 oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Bapak Kepala BIN Budi Gunawan.

Selain itu, di bawah bimbingan Puslitbang BIN dengan nama brand TOP.ID ini, anak muda Papua telah berhasil menciptakan inovasi dengan terciptanya 2 aplikasi canggih yakni Bersih Sampah-Container, dan Papua Pacific Park yang terinstall pada gadget besutan Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) Badan Intelijen Negara (BIN), Dr. Armi Susandi mengatakan, Anak muda Papua memiliki banyak potensi untuk mengembangkan bakat dan potensi terkhusus pada bidang teknologi informasi.

"Keberhasilan pengembangan sistem operasi ini menjadi bukti bahwa putra-putri Papua memiliki potensi besar dalam bidang teknologi dan dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat bersaing dengan produk-produk dari negara lain," ujarnya.

Armi mengatakan, dengan adanya terobosan ini, anak-anak Papua dapat lebih tertarik untuk mempelajari dan mengembangkan teknologi di masa depan. TOP.ID merupakan brand smartphone dan laptop pertama yang asli rakitan anak Papua.

“Dengan adanya terobosan terbaru dari para pemuda-pemudi Papua dalam pembuatan Smartphone dan Laptop beserta aplikasinya ini, diharapkan hal tersebut dapat menjadi inspirasi dan memantik semangat inovasi serta kreativitas khususnya pada bidang teknologi informasi pada generasi muda Papua, Indonesia, bahkan dunia” Ujar Armi

Program Manager Bidang Teknologi PMI Elia Musa Rawar mengatakan, PYCH sebagai salah satu pusat kreativitas anak muda Papua memiliki goal terutama dalam bidang teknologi informasi. Gadget TOP.ID merupakan salah satu goal yang dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua.

"Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, untuk masyarakat Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri," ujar Elia Musa Rawar.

Dengan peluncuran gadget TOP.ID ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua melalui pengembangan sumber daya manusia dan dengan aplikasi yang memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakat Papua.rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER