Ciptakan Kebersamaan Saat Pengarakan Ogoh Ogoh

  • 17 Maret 2023
  • 11:15 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1522 Pengunjung
Kadis Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha. Sumber foto : Angga

Badung, suaradewata.com- Dalam hitungan hari, masyarakat Bali khususnya di Badung akan melaksanakan pengerupukan dengan kegiatan pengarakan ogoh-ogoh. Kegiatan pengarakan ogoh-ogoh ini merupakan bagian dari pada eedan tawur kesanga menyambut hari raya Nyepi tahun baru Caka 1945.

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kebudayaannya menyampaikan kepada segenap Sekaa Teruna dan Yowana se Kabupaten Badung untuk dapat memaknai dengan lebih baik pelaksanaan pengerupukan sebagai bagian dari pada eedan tawur kesanga. Maka dari itu, seluruh komponen masyarakat agar menunjukkan kebersamaan dan suasana yang meriah. Karena pertama kalinya setelah pandemi covid-19 dapat dilaksanakan pembuatan ogoh-ogoh dengan baik untuk melakukan pengarakan sebagai bagian dari adat dan tradisi budaya Bali.

"Untuk itu maka, mari kebersamaan dan rasa syukur dalam rangka pengarakan Ogoh Ogoh itu dimaknai artinya jangan sampai mencederai. Mencederai diri atau keseluruhan daripada atraksi dan pawai yang dilakukan. Melainkan justru kita bergembira dan nilai nilai spiritual dituangkan oleh sekaa teruna dalam bentuk ogoh ogoh itu dimaknai dalam rangka kita bersama sama mengusir atau nyomye segala bentuk energi negatif yang ada di alam ini," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha di ruang kerjanya, Kamis, (16/03/2023). 

Dalam menciptakan kebersamaan saat kegiatan pengarakan ogoh-ogoh, diperlukannya kebersamaan antara komponen yang ada di Desa Adat maupun di Banjar Adat. Komponen tersebut merupakan 3 pilar yaitu Wimuda, Winata dan Wiwerda yang ada di masyarakat. Sehingga seluruh komponen di desa adat maupun di Banjar adat itu bersatu untuk menyambut hari raya Nyepi.

"Untuk pengarakan dan tradisi di tahun ini adalah suatu hal yang katakanlah sifatnya menciptakan kebersamaan dan persatuan diantara sekaa teruna itu sendiri. Mulai dari membuatnya, kemudian berlatih membuat atraksi kemudian juga bersama sama mengaraknya. Dan kita maknai tahun ini dengan berkontemplasi melakukan perenungan ke dalam, bergembira ya," terangnya.ang/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER