Diskominfosanti Buleleng Lakukan Monev Tata Kelola Informasi Pemerintah Secara Elektronik

  • 16 Maret 2023
  • 19:30 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1371 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan pada Kamis, (16/3/2023). Monev ini dilakukan, sebagai tahap awal pelaksanaan survey keamanan siber, pengelolaan teknis website resmi, dan penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di seluruh SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Monev kali ini dilakukan, diawali dengan menyasar seluruh SKPD sampai satu bulan kedepan. Dimana diawali Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa lanjut Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. 

“Tujuan monev ini untuk memastikan ketiga komponen tersebut berjalan dengan baik. Dari sisi website, pengelolaan harus secara aktif dan secara rutin mengupdate flyer, berita, artikel, data statistik serta yang lainnya. Mengingat website merupakan situs atau tempat resminya dalam pemilihan informasi di pemerintahan, khususnya di Pemerintah Kabupaten Buleleng," ucap Kadis Suwarmawan.

Sementara itu, dalam penguatan PPID dipastikan bahwasannya jika ada aduan atau permintaan dari masyarakat harus segera ditanggapi dan ditindaklanjuti. Hal ini diminta keaktifan dari masing-masing perangkat daerah tersebut supaya lebih terbuka untuk memberikan informasi yang tidak dikecualikan.

Selain itu, ujar Suwarmawan melihat kegiatan atau program yang sekarang sudah banyak berbasis IT, keamanan siber sangat perlu dilakukan. Diharapkan, supaya program ini berjalan secara lancar dan aman bagi pengelola yang di SKPD. 

"Media sosial, website dan lainnya harus diamankan. Supaya nantinya tidak mudah orang yang tidak berkepentingan masuk seperti hackker maupun sejenisnya," pungkasnya.sad.nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER